Gempa bumi magnitudo 4,9 guncang Pesisir Barat Lampung

id Gempa ,Guncang ,Pesisir barat

Gempa bumi magnitudo 4,9 guncang Pesisir Barat Lampung

Ilustrasi- peta gempa yang berpusat di pesisir barat (ANTARA/HO-BMKG)

Guncangannya terasa sekitar kurang lebih 15 detik, dari rasa kecil hingga bergemuruh besar, dan pintu bergetar hingga terbuka dan isi perabotan rumah berjatuhan, kata Malika

Pesisir Barat (ANTARA) - Gempa bumi dengan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Senin pukul 19.16 WIB, sebut siaran informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan laman resmi BMKG koordinat gempa berada pada 5.40 Lintang Selatan (LS) dan 103,60 Bujur Timur (BT). Adapun pusat gempa berada di 43 km barat daya Pesisir Barat, Lampung, dengan kedalaman 38 km.

Dilaporkan tidak ada potensi tsunami akibat gempa tersebut, namun BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Mirza Sahri, mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tetap waspada dan jangan panik.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah di Kabupaten Pesisir Barat agar tetap tenang," kata Mirza.

Salah satu warga Desa Way Redak, Malika mengatakan dirinya sempat merasakan guncangan gempa yang terasa hingga membuat perabotan rumah tangga berjatuhan.

"Guncangannya terasa sekitar kurang lebih 15 detik, dari rasa kecil hingga bergemuruh besar, dan pintu bergetar hingga terbuka dan isi perabotan rumah berjatuhan," kata Malika.