UIN Raden Intan berkomitmen memajukan ekonomi syariah Indonesia

id Lampung,UIN RIL,Bandarlampung,Pemkot Bandar Lampung

UIN Raden Intan berkomitmen memajukan ekonomi syariah Indonesia

Penandatanganan kerja sama UIN RIL dengan BSI Lampung, di Bandarlampung, Selasa (19/8/2023). ANTARA/HO-BSI Lampung

Ke depan akan lebih banyak lagi bentuk kerja sama yang akan dilakukan UIN RIL dan BSI Lampung.
Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) berkomitmen penuh dalam memajukan ekonomi syariah di Indonesia dengan melakukan kerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk. 

"Penandatanganan kerja sama tersebut merupakan bagian dari peneguhan sikap dan komitmen kembali UIN RIL terhadap pentingnya mendukung kemajuan ekonomi syariah di Indonesia," kata Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, komitmen memajukan ekonomi syariah di Indonesia tersebut perlu dituangkan dalam bentuk naskah kerja sama, sehingga terdapat payung dalam aktivitas secara formal.

"UIN Raden Intan Lampung sebagai perguruan tinggi keagamaan, yang tidak hanya cukup besar di Lampung tapi juga Sumatera, berkomitmen penuh untuk memajukan ekonomi syariah di Indonesia," katanya pula.

Ia mengatakan kerja sama antara keduanya memang sudah cukup lama terjalin. Adapun bentuk kerja sama tersebut, antara lain berupa beasiswa serta support BSI terhadap sejumlah kegiatan fakultas maupun program studi pascasarjana. 

"Ke depan akan lebih banyak lagi bentuk kerja sama yang akan dilakukan UIN RIL dan BSI Lampung," kata dia lagi.

Wan Jamaluddin juga mengatakan, dengan adanya program Kampus Merdeka menuntut perguruan tinggi tidak hanya menghasilkan sarjana yang berintelektual tinggi, tetapi juga menguasai bekal life skill yang luar biasa. 

"Berkaitan dengan ini, BSI juga mendukung untuk bisa mempersiapkan generasi dan memberikan bekal soft skill yang dibutuhkan lulusan saat menghadapi dunia kerja," katanya lagi. 

Area Manager BSI Lampung yang juga Direktur Jasa Keuangan Syariah Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Lampung Dede Irawan Hamzah mengaku senang dengan adanya kerja sama antara kedua pihak. 

"Kami sebagai bank syariah terbesar di Indonesia dan juga sebagai pengurus KDEKS, tentu merasa senang mendapatkan dukungan penuh dari UIN Raden Intan Lampung dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," ujarnya pula. 

Dia mengatakan bahwa kerja sama yang dibangun ini merupakan bentuk dukungan yang memang dibutuhkan BSI sebagai salah satu lokomotif penggerak ekonomi syariah untuk meneguhkan keuangan syariah di Indonesia, khusus Provinsi Lampung. 

Kerja sama ini juga dipercaya dapat meningkatkan market share ekonomi syariah di Indonesia. Karenanya mereka juga mengaku siap untuk bekerjasama dengan seluruh perguruan tinggi baik yang ada di dalam maupun di luar Lampung.

Dia menjelaskan, untuk saat ini market share perbankan syariah secara nasional masih berada di 7,09 persen per Desember 2022. Pada 2024, market share ini diharapkan dapat tumbuh dobel digit sejalan dengan Visi Indonesia menjadi Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka di Indonesia.

"Ini tentu menjadi tantang besar bagi BSI dan juga para pihak yang konsen dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Karenanya kita butuh pihak-pihak lainnya, seperti UIN RIL yang dapat memberikan dukungan secara nyata pada perbankan syariah dan mewujudkan kemajuan ekonomi syariah di Indonesia perlu kerja bersama dan sinergi semua pihak," kata dia lagi.
Baca juga: Itera dan UIN Raden Intan Lampung kolaborasi bangun kampus berkelanjutan
Baca juga: KKN Siger Berjaya: Unila, UIN RIL, Itera, UBL, dan Darmajaya, teken PPKS