UM Lampung mewisuda 220 mahasiswa tahun 2023

id lampung, UMl, UM Lampung, universitas muhammadiyah lampung, wisuda

UM Lampung mewisuda 220 mahasiswa tahun 2023

UM Lampung Mewisuda 220 Mahasiswa tahun 2023 (ANTARA/HO-UM Lampung)

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) kembali mewisuda 220 sarjana tahun 2023 dari 12 Program Studi (Prodi) di Hotel Emersia, Selasa, (5/9/23). Sampai bulan ini, UML tercatat telah meluluskan 5.165 sarjana.

Dalam wisuda kali ini, juga diumumkan tiga lulusan terbaik tingkat universitas yaitu Rama Rilvano Marcell (Prodi Sastra Inggris dengan IPK 3,93), Laila Wulandari (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dengan IPK 3,91), dan Revi Maghriza (Prodi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,88).

Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. Mardiana mengingatkan kepada wisudawan bahwa prosesi wisuda adalah momentum yang sangat sakral dimana strata satu merupakan jenjang pijakan untuk kelas perguruan tinggi.

"Pesan saya untuk selalu menjaga akhlak yang mulia dan menjadi karakter yang profesional dimanapun berada," ucap Mardiana.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri acara Wisuda Sarjana Starta 1 (S1) Universitas Muhamadiyah Lampung di Ballroom Hotel Emersia, Selasa (5/9/23).

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal berpesan agar para wisudawan terus meningkatkan keahlian sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing serta menjadi sarjana penggerak dan pelopor di dalam masyarakat dan di dalam pembangunan.

"Tampilkan jati diri dan identitas sebagai tenaga kerja muslim yang professional    dalam bidang apapun pekerjaannya," ujar Gubernur.

Gubernur Arinal mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang di wisuda pada hari ini.

"Saya berbahagia karena melalui wisuda ini, maka akan bertambahnya sumber daya manusia yang siap pakai untuk mengisi apangan kerja khususnya di Provinsi Lampung," ujarnya.

Gubenur Arinal mengatakan sebagai representasi generasi muda dan menjadi bagian akar rumput masyarakat, wisudawan harus dapat memanfaatkan dunia akademis dan lingkungan sosialnya, sebagai lahan untuk merintis jiwa kepemimpinan yang berjiwa besar, menjadi problem solver sekaligus change maker atas berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

Menurutnya wisudawan harus mulai berpartisipasi aktif, dalam menyiapkan berbagai solusi untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa.

"Pemerintah Provinsi Lampung membutuhkan sumbangsih dari kalangan pendidik, tenaga kependidikan, dan para pengelola lembaga-lembaga pendidikan untuk mewujudkan Provinsi Lampung yang bermartabat," ujarnya.

Gubernur Arinal berpesan kepada para wisudawan agar terus meningkatkan keahlian sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing serta menjadi sarjana penggerak dan pelopor di dalam masyarakat dan di dalam pembangunan.

Menurut Gubernur, Universitas Muhammadiyah Lampung sebagai Perguruan Tinggi diharapkan mampu memberikan kontribusi pada penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Gubernur Arinal berpendapat lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia yang telah dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Untuk mencapai cita-cita tersebut harus dengan kerja keras kita semua. Pemerintah tidak mungkin dapat memenuhi kewajibannya untuk menjamin terpenuhinya pendidikan seluruh rakyat, tanpa ada kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan swasta," pungkasnya.

Gubernur Arinal juga mengingatkan akan pentingnya perguruan tinggi swasta terutama Universitas Muhamadiyah Lampung dalam memperhatikan kualitasnya.

Menurutnya, kualitas pendidikan harus ditempatkan dalam skala prioritas dan menyatu dalam jiwa para dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Ia berharap Universitas Muhammadiyah Lampung dapat terus memajukan kualitas pendidikan termasuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sikap yang positif, kemampuan bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik.

"Saya yakin keberadaan Universitas Muhammadiyah Lampung mampu menjadi rujukan reformasi, universitas yang responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta universitas yang berlandaskan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin," pungkasnya.


KERJA SAMA