Kementrian Keuangan canangkan pembentukan Desa Devisa Klaster Kopi di Bengkulu

id Program Desa devisa kluster kopi di Bengkulu,DJKN Bengkulu Lampung,Bengkulu

Kementrian Keuangan canangkan pembentukan Desa Devisa Klaster Kopi di Bengkulu

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Lampung dan Bengkulu Dudung Rudi Hendratna. ANTARA/Anggi Mayasari

Saat ini baru kita coba untuk pilot projectnya di salah satu desa di Kepahiang. Jika ini berhasil bisa saja akan ada daerah lain yang memiliki potensi ekonomi hasil bumi berorientasi ekspor menjadi desa devisa, ujarnya
Kota Bengkulu (ANTARA) - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Lampung dan Bengkulu mencanangkan pembentukan Desa Devisa Klaster Kopi di Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Kepahiang.
 
Rencana program desa devisa tersebut dikarenakan adanya potensi komoditas kopi di wilayah Bengkulu yang menjanjikan, namun pemasaran komoditas ekspor kopi tidak dilakukan langsung melalui Bengkulu sehingga pendapatan negara tidak tercatat dari daerah tersebut.
 
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan kami resmikan desa/kampung devisa di Bengkulu dan saat ini sedang dalam proses pemenuhan syarat dan masih diajukan oleh kelompok tani di Kabupaten Kepahiang," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Lampung dan Bengkulu Dudung Rudi Hendratna di Kota Bengkulu, Rabu.
  
Ia menyebutkan rencana pembentukan Desa Devisa Klaster Kkopi tersebut menjadi program perdana dan ditargetkan menjadi satu desa percontohan desa devisa di Provinsi Bengkulu."Saat ini baru kita coba untuk pilot projectnya di salah satu desa di Kepahiang. Jika ini berhasil bisa saja akan ada daerah lain yang memiliki potensi ekonomi hasil bumi berorientasi ekspor menjadi desa devisa," ujarnya.
  
Melalui program desa devisa ini, DJKN akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani kopi dan koperasi yang berada di Kabupaten Kepahiang untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing sehingga produk unggulan lokal bisa mendunia.
 
Selain itu, melalui pembentukan Desa Devisa Kluster Kopi, pihaknya berharap dapat menciptakan sinergi dan meningkatkan kesejahteraan serta pendapatan penggiat usaha atau petani kopi agar mampu berkontribusi dalam peningkatan ekspor dan pendapatan devisa yang berkelanjutan.
 
"Dengan adanya Desa Devisa Kluster Kopi dapat mendorong kualitas produksi kopi Provinsi Bengkulu menjadi penghasil kopi berkualitas terbaik sehingga bisa berdaya saing global dengan komoditas kopi yang berasal dari negara lain," kata Dudung.