Grand opening SEC Jurusan Kimia Unila tandai langkah baru peningkatan kapasitas

id lampung, unila, perguruan tinggi, universitas lampung, kampus, universitas

Grand opening SEC Jurusan Kimia Unila tandai langkah baru peningkatan kapasitas

Grand opening students excellence center jurusan kimia tandai langkah baru peningkatan kapasitas (ANTARA/HO-Unila)

Bandarlampung (ANTARA) - Jurusan Kimia Universitas Lampung (Unila) memasuki babak baru dalam upaya peningkatan kapasitas mahasiswa dengan peresmian Students Excellence Center (SEC) pada Jumat, 4 Agustus 2023.

SEC ini diresmikan Rektor Unila Prof. Lusmeila Afriani, sebagai tonggak penting dalam meningkatkan prestasi dan kompetensi mahasiswa jurusan Kimia.

Sebagai bagian dari upaya untuk memperoleh pendanaan guna mendukung peningkatan kapasitas institusionalnya, jurusan Kimia berhasil meraih berbagai hibah kompetitif dari berbagai sumber.

“Salah satu capaian signifikan yakni perolehan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) pada tahun 2022 dengan total pendanaan senilai Rp976 juta,” kata Rektor.

Ia menjelaskan, pendanaan ini dirancang untuk meningkatkan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi, khususnya dalam hal peningkatan jumlah lulusan yang bekerja, melanjutkan studi, atau berwirausaha.

Salah satu hasil konkret dari upaya ini ialah pendirian Students Excellence Center di Jurusan Kimia. SEC ini sebelumnya merupakan ruangan kuliah yang telah dialihfungsikan dan direnovasi.

Peralatan modern seperti Smart TV, sistem audio, dan peralatan pendukung audio visual telah disediakan di dalam SEC. Ruangan ini akan menjadi pusat kegiatan pembinaan mahasiswa dalam berbagai aspek, termasuk persiapan untuk dunia kerja, studi lanjut, serta wirausaha.

“Mahasiswa juga akan didukung untuk berpartisipasi dalam kompetisi nasional seperti Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM),” jelasnya.

Dalam upaya mendukung pengembangan kapasitas mahasiswa, SEC akan mengadakan berbagai kegiatan seperti pelatihan ON-MIPA, PKM, coaching clinic dengan praktisi industri dan dunia usaha, serta Chemistry English Club (CEC).

Selain itu, SEC akan menjadi laboratorium wirausaha bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kompetensi dalam berwirausaha.

Ketua Jurusan Kimia Unila Mulyono, Ph.D., menyatakan, langkah-langkah ini telah memberikan hasil yang positif. Capaian kelulusan tepat waktu (KTW) Mahasiswa Program Studi S-1 Kimia telah mengalami peningkatan yang signifikan, dari hanya tiga orang pada tahun 2022 menjadi lebih dari 60 orang pada tahun 2023.

Peningkatan ini merupakan indikasi awal yang menjanjikan, yang akan terus dikuatkan dengan pengembangan kompetensi mahasiswa dalam berbagai aspek.

Selain pendirian SEC, Jurusan Kimia meraih akreditasi internasional dari Royal Society of Chemistry (RSC), yang menegaskan kualitas pendidikan dan pengajaran di program studi ini.

“Dukungan dari Unila dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) juga sangat berperan dalam kesuksesan ini, termasuk melalui rehabilitasi gedung dan peningkatan fasilitas laboratorium,” ungkapnya

Dengan berbagai langkah nyata ini, Jurusan Kimia Unila berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era global. Keberhasilan ini juga merupakan langkah menuju upaya penyempurnaan IKU Unila yang tengah dilakukan.

Berita kerjasama