Lampung Barat lakukan panen raya dan beri petani benih cabai

id Lampung Barat,Panen Raya cabai,pemkab beri bantuan benih cabai

Lampung Barat lakukan panen raya dan beri petani benih cabai

Suasanan saat PJ bupati Lampung Barat, sedang melakukan pemetikan cabai di ladang petani (ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat)

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan panen raya dan menyalurkan bantuan berupa benih cabai serta pupuk organik kepada petani di dua kecamatan.

"Peninjauan sekaligus panen raya cabai rawit merah, dan menyerahkan secara simbolis 750 bungkus benih cabai rawit dan 750 botol pupuk organik cair yang diperuntukkan  31 kelompok tani Kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu," kata Penjabat Bupati Lampung Barat, Nukman, dalam keterangannya yang diterima di Pesisir Barat, Selasa.

Ia mengatakan bahwa tanaman cabai merah yang ada di Pekon Sindang Pagar tersebut, diharapkan sebagai percontohan yang bisa ditiru oleh masyarakat Lampung Barat, agar bisa melakukan penanaman Hortikultura dengan cara yang efektif.

"Kita hari ini melakukan panen raya cabai merah, dan ini hasilnya sudah lumayan, mudah-mudahan hasilnya dapat menopang kesejahteraan  masyarakat," kata dia.

Ia pula meminta kepada petani agar tetap bersatu padu dan tolong menolong dengan harapan menjadi petani yang tangguh dan maju sehingga terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat. 

"Harapan Pemerintah agar kita selaku petani Lampung Barat harus bersatu padu dan tolong menolong sehingga kita menjadi petani yang tangguh dan maju," katanya.

Dirinya menjelaskan, bahwa Lampung Barat memiliki ketinggian 50 hingga 1000 Meter di atas permukaan laut, yang menjadikan daerah tersebut memiliki morfologi yang beragam mulai dari dataran rendah sampai dengan perbukitan.

"Kondisi iklim basah Kabupaten Lampung Barat menjadikan daerah yang cocok ditanami berbagai komoditas pertanian," ujar dia.

Lampung Barat menjadi salah satu produsen berbagai jenis komoditas pertanian khususnya hortikultura (sayuran, buah dan biofarmaka) yang dipasok ke dalam maupun luar Provinsi Lampung.