Kakanwil Kemenag Lampung raih gelar Penulis Disertasi Terbaik UIN

id Lampung,Kanwil Kemenag Lampung,Bandarlampung,kakanwil kemenag lampung

Kakanwil Kemenag Lampung raih gelar Penulis Disertasi Terbaik UIN

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Lampung Puji Raharjo SAg, SS MHum, meraih penghargaan sebagai penulis disertasi terbaik, dari Universitas Islam Negari (UIN) Raden Intan Lampung, di Bandarlampung, Kamis (27/7/2023). ANTARA/HO

Kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan masih rendah.
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Puji Raharjo SAg SS MHum meraih penghargaan sebagai penulis disertasi terbaik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Anggota Senat UIN Raden Intan Lampung Prof Dr H Alamsyah MAg, dalam wisuda UIN Raden Intan Lampung periode III Tahun 2023 untuk Program Sarjana, Magister, dan Doktor, di Bandarlampung, Kamis.

"Disertasi yang berjudul 'Strategi Implementasi ISO 14001: 2015 di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung' ini merupakan respons saya terhadap isu lingkungan yang telah menjadi perhatian global," kata Puji.

Menurutnya, meski dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia sudah dirasakan secara luas, kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan masih rendah.

Kakanwil Kemenag Lampung itu menekankan bahwa Al Quran telah banyak memberikan petunjuk tentang kewajiban manusia untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, termasuk dalam Surat Ar-Rum Ayat 41 yang mengingatkan dampak yang akan dirasakan manusia jika tidak menjaga lingkungan.

"Berhubungan dengan disertasi, Saya rasa UIN Raden Intan telah menjawab tantangan dengan merumuskan visi berwawasan lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut adalah dengan mengimplementasikan ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan," kata dia lagi.

Disertasi Puji Raharjo telah diuji oleh panel penguji yang kompeten pada ujian promosi doktor pada tanggal 7 Juni 2023, yang melibatkan Prof Dr Hj Riri Fitri Sari MM MSc (Guru Besar UI/Chairperson UI Greenmetric World University Rankings), Prof Dr Hj Siti Patimah MPd, Prof Dr H Agus Pahrudin MPd, Dr Koderi MPd, dan Prof Dr Ruslan Abdul Ghofur MSi. Sidang dipimpin oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Wan Jamaludin.

Kebaruan (novelty) dari penelitian Raharjo adalah integrasi isu keberlanjutan dalam ISO 14001:2015 dalam konteks manajemen pendidikan Islam, pada organisasi pendidikan dan pengayaan konteks University Social Responsibility. 
Baca juga: Kakanwil Kemenag bagikan sembako bagi warga terdampak pandemi
Baca juga: Kakanwil Kemenag Lampung gerak cepat, masalah Gereja KKD Rajabasa diselesaikan secara damai