Panglima sebut pembebasan Pilot Susi Air diupayakan melalui negosiasi damai

id Panglima TNI Yudo Margono, pembebasan pilot Susi Air

Panglima sebut pembebasan Pilot Susi Air diupayakan melalui negosiasi damai

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) saat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau pelaksanaan bakti sosial operasi katarak dan bibir sumbing di RSUD Timika, Papua Tengah, Rabu (12/7/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Timika (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark diupayakan melalui negosiasi damai yang dilakukan pemerintah daerah bersama tokoh agama.

"Yang jelas tetap mengutamakan negosiasi damai karena kita tidak mau jatuh korban di pihak masyarakat. Karena pasti yang jadi korban adalah masyarakat kalau TNI menggunakan kekuatannya," ujar Panglima Yudo di sela kegiatan mendampingi Kunjungan Kerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Timika, Papua Tengah, Rabu.

Terkait adanya isu permintaan uang tebusan pembebasan pilot yang kemudian dibantah kelompok Egianus Kogoya, Panglima Yudo menyatakan tidak mengetahui siapa yang menghembuskan isu tersebut.

Sebelumnya Panglima Yudo sudah menyatakan hal serupa bahwa dirinya tidak tahu dari mana isu itu berasal.

"Makanya saya tanya media dari mana isu itu berasal. Waktu itu ada yang tanya di (Kantor) Wapres, aku juga nggak dapat info," jelasnya.

Panglima mengatakan sejauh ini pihaknya terus memonitor proses negosiasi yang dilakukan Pj Bupati Nduga.

Dia berharap media tidak terlalu membesar-besarkan hal sensitif berkaitan dengan proses pembebasan Pilot Susi Air karena bisa menghambat proses negosiasi.