Dinas Kesehatan Lampung tekankan pentingnya vaksinasi pada masa endemi

id vaksinasi covid lampung,penanganan covid,endemi covid

Dinas Kesehatan Lampung tekankan pentingnya vaksinasi pada masa endemi

Arsip Foto - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menekankan pentingnya vaksinasi untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19 pada masa endemi. 

"Satu hal yang harus dijaga adalah vaksinasi secara lengkap. Dengan melakukan vaksinasi booster yang kedua mudah-mudahan kekuatan, daya tahan tubuh, bisa lebih kuat," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandar Lampung, Jumat.

Dia menyampaikan pentingnya vaksinasi COVID-19 hingga dosis penguat bagi para pelajar dan warga sekolah.

"Sekolah saat ini sudah tidak wajib mengenakan masker juga, sebab sudah dikejar vaksinasi bagi anak sekolah. Diharapkan ini dapat terus terlaksana di lingkup pendidikan," katanya.

Reihana menyampaikan bahwa pelayanan vaksinasi COVID-19 masih tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah.

Di samping menjalani vaksinasi, dia menyarankan warga tetap memakai masker ketika sakit atau berada di dalam ruangan tertutup bersama banyak orang guna mencegah penularan penyakit.

"Tentu kalau kita berkumpul di tempat yang situasinya orang ramai pakai masker lebih aman. Kalau di tempat terbuka tidak menggunakan masker tidak apa," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa semasa endemi ada tim surveilans yang bertugas memantau penularan COVID-19.

"Selama sudah endemi ini tim surveilans tetap berjalan, setiap hari memantau apakah masih ada yang menderita COVID-19 sembari melihat ada kasus penyakit menular lainnya," kata dia.