Candi Muaro Jambi menuju Warisan Dunia pada 2025

id candi muaro jambi,warisan dunia,geopark merangin,gubenur jambi,pemprov jambi,unesco

Candi Muaro Jambi menuju Warisan Dunia pada 2025

Sejumlah Banthe, Biksu dan umat Buddha melakukan Pradaksina di Candi Kedaton, Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muara Jambi, Muaro Jambi, Jambi, Minggu (11/6/2023). Dua ribuan lebih umat Buddha mengikuti kegiatan dalam rangka perayaan Waisak 2567 BE/2023 itu. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris mendukung penuh upaya menjadikan kawasan Candi Muaro Jambi masuk salah satu warisan dunia oleh UNESCO pada 2025.

"Candi Muaro Jambi akan kita dorong untuk masuk UNESCO pada 2025 dan upaya Jambi juga didukung penuh serta di bimbingan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI," kata Gubernur Al Haris, di Jambi Senin.

Harapan, kata dia, jika sudah ada dua warisan dunia di Provinsi Jambi, maka Bandara Sultan Thaha bisa menjadi bandara Internasional guna menggenjot pembangunan dan investasi provinsi itu.

Untuk saat ini Geopark Merangin, Jambi, pada 24 Mei 2023 telah resmi ditetapkan UNESCO Global Geopark (UGG) sebagai warisan dunia dan kini program Jambi ke depan Candi Muaro Jambi dan Gunung Kerinci juga bisa masuk warisan dunia.

Saat ini Pemerintah Provinsi (JambI) Jambi berupaya maksimal membenahi tata kelola Geopark Merangin, baik penataan di lapangan maupun pembenahan sisi dokumen supaya geopark itu memperoleh sertifikat pengakuan warisan dunia.


"Setelah Geopark Merangin, kita akan upayakan Candi Muaro Jambi dan Gunung Kerinci untuk menjadi bagian warisan dunia,” kata Gubernur Al Haris.