DKP3 pastikan stok daging sapi di Metro aman

id Dagingsapi,metro, dkp3 metro

DKP3 pastikan stok daging sapi di Metro aman

Pedagang daging sapi di Pasar Kopindo Metro. Saat ini harga daging di pasar tradisional di Bumi Sai Wawai mencapai Rp130 ribu/kg. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Metro pastikan stok daging sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat setempat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Iya kalau berbicara stok daging di Kota Metro Insha Allah cukup untuk memenuhi kebutuhan warga jelang Lebaran ini. Karena satu kandang sapi yang ada di Metro ini bisa menghasilkan lima ton daging," kata Kabid Peternakan dan Keswan, DKP3 Metro, Lina Oktira, di Metro, Rabu.

Dikatakanya, meskipun stok aman, namun harga daging sapi di pasar tradisional Kota Metro masih mengalami kenaikan. Dimana, saat ini harganya Rp130 ribu/kg.

"Memang hampir setiap menjelang Lebaran itu pasti naik ya harganya. Saat ini saja harganya sudah Rp130 ribu/kg di pasar," paparnya.

Karenanya, lanjut Lina, DKP3 bekerjasama dengan para pengusaha peternakan di Metro untuk menyediakan daging beku yang dijual dengan harga lebih murah.

"Biasanya daging beku ini disediakan di pasar swalayan. Harganya juga lebih murah," paparnya.

Pihaknya memastikan daging yang masuk ke Kota Metro halal dan aman dari PMK maupun LSD. Sebab, daging yang masuk ke Bumi Sai Wawai harus memiliki surat keterangan sehat.

"Jadi Insha Allah daging yang masuk ke Metro ini aman. Biasanya mereka juga minta rekomendasi pengiriman dari kita. Dan daging harus ada surat kesehatan hewan baru boleh dijual," tambahnya.