PTBA-LUC tanam terumbu karang di Pulau Pahawang

id terumbu karang,konservasi,perairan,pulau pahawang,ptba

PTBA-LUC tanam terumbu karang di Pulau Pahawang

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menanam terumbu karang di kawasan perairan Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, sebagai upaya pelestarian ekosistem di daerah itu. (ANTARA/HO-PTBA)

Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menanam terumbu karang di kawasan perairan Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, sebagai upaya pelestarian ekosistem di daerah itu.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dalam keterangan di Palembang, Senin, mengatakan PTBA turut berkontribusi dalam konservasi terumbu karang di destinasi wisata ini dengan melakukan penanaman terumbu karang sejak tahun 2016 yang bekerja sama dengan Lampung Underwater Community (LUC).

PTBA menanam sebanyak 160 bibit terumbu karang pada 18 Maret 2023. Bibit tersebut terdiri atas beberapa jenis, yaitu Acropora pulchra atau formosa, Acropora subglobra, Acropora grandis, dan Mortipora turgescens/karang emping.

"Keindahan pemandangan bawah laut dan pesisir pantai Provinsi Lampung sudah populer hingga ke mancanegara. Kami ingin berkontribusi menjaga kelestarian terumbu karang di kawasan ini," katanya.

Ia menjelaskan konservasi terumbu karang yang dilakukan PTBA dan LUC, menggunakan bibit hasil penanaman terumbu karang pada tahun sebelumnya dan juga bibit terumbu karang yang dibeli dari masyarakat.

“Penanaman dilakukan dengan memotong bibit terumbu karang sesuai media atau rak yang telah disiapkan. Lalu, bibitnya itu ditanam dan diikat agar tidak hanyut tergulung ombak. Kemudian rak bibit disebar ke beberapa titik di sekitar Pulau Pahawang,” jelasnya.