KNPI Bangka Tengah gelar aksi penyelamatan terumbu karang

id Bangka Tengah

KNPI Bangka Tengah gelar aksi penyelamatan terumbu karang

KNPI Bangka Tengah menggelar aksi penyelamatan terumbu karang, Minggu (31/10) (ANTARA/ahmadi)

Koba, Babel (ANTARA) - Komite Nasional Pemuda Olahraga (KNPI) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar aksi penyelamatan terumbu karang di perairan pantai Pulau Ketawai.

Ketua KNPI Bangka Tengah, Sepriyandi di Koba, Minggu mengatakan para pemuda secara serentak bergerak menyisir laut pesisir Pulau Ketawai mengecek keberadaan terumbu karang dan membersihkan sampah baik di darat maupun di laut.

"Kegiatan ini kita bekerja sama dengan Kelompok Masyarakat Konservasi Biota Laut Besampan Kurau dan Dosen serta Diving Club UBB," ujarnya.

Dalam aksi lingkungan itu, ratusan pemuda yang tergabung dalam KNPI juga menanam karang buatan pada beberapa titik di sepanjang pantai Pulau Ketawai.

"Ini aksi jaga ekosistem laut dan jaga terumbu karang sebagai rumah bagi ikan untuk melangsungkan kehidupan," ujarnya.

Sepriyandi mengatakan, jika ekosistem laut tercemar maka akan menimbulkan dampak negatif terhadap habitat, biota laut dan penurunan kualitas lingkungan pesisir.

"Appabila ancaman pencemaran tersebut tidak ditangani secara tepat, maka dapat mengakibatkan semakin meluasnya dampak negatif terhadap kehidupan manusia dan biota laut," katanya.

Termasuk juga, kata dia, dapat merusak ekosistem terumbu karang yang sangat penting bagi laut.

"Laut tercemar membuat terumbu karang rusak dan perlu upaya untuk menjaga dan melestarikannya," ujarnya.

Uploader : Angga Pramana