Sambut Ramadan, Dompet Dhuafa Jawa Barat gelar gebyar Tarhib Ramadhan

id Dompet Dhuafa, Tarhib ,Tarhib Ramadhan

Sambut Ramadan, Dompet Dhuafa Jawa Barat gelar gebyar Tarhib Ramadhan

Sambut Ramadan, Dompet Dhuafa Jawa Barat gelar gebyar Tarhib Ramadan. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Bandung (ANTARA) - Masjid Agung Trans Studio Bandung menjadi saksi terselenggaranya Gebyar Tarhib Ramadan Dompet Dhuafa Jawa Barat pada Senin, 20/03/2023), dengan mengusung tema “Andaikan Ini Ramadan Terakhirku”. 

Kegiatan ini mampu menaikkan animo masyarakat Muslim untuk hadir dalam Tablig Akbar. Kajian islam ini menghadirkan 2  Da’i Nasional yakni Syaikh Dr. Tyazen Al-Hakimi M.Si dan Ustaz Rahmat Al Baequni, Lc.

“Bulan Ramadan menjadi bulan mulia bagi seluruh umat Muslim. Jika Ramadan datang maka pintu-pintu surga akan dibuka selebar-lebarnya, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup serapat-rapatnya, maka kesempatan kita untuk masuk surga akan semakin luas. Sudah selayaknya kita sebagai hamba Allah harus memanfaatkan bulan Ramadan kali ini, karena kita tidak pernah tahu apakah ini menjadi Ramadan terakhir kita. Maka dari itu, ada 3  amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan, yakni perbanyak membaca Al Qur’an dan perbanyak amalan sunnah, berbakti kepada kedua orang tua dan saling memaafkan antar sesama muslim,”ucap Syaikh Tyazen Al-Hakimi.

Keistimewaan Syiar Dakwah kali ini, Dompet Dhuafa Jawa Barat turut mengajak komunitas majelis ta’lim, para donatur Dompet Dhuafa Jabar, dan ratusan sahabat tuna netra, tuna rungu, dan tuna daksa di wilayah Kota Bandung. Hadirnya sahabat disabilitas ini dilakukan sebagai upaya konkret Dompet Dhuafa dalam memenuhi hak-hak kelompok inclusive, terutama dalam aspek ruhani melalui aktivitas kajian yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT (Marifatullah).

Tak hanya itu, untuk memuliakan sahabat disabilitas, Dompet Dhuafa Jawa Barat turut menyalurkan 110 bingkisan sembako serta 10 Speaker Qur’an secara simbolik untuk sahabat netra. Ini merupakan permulaan program Gerakan Bumikan Al Qur’an yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa Jawa Barat, salah satunya ialah berbagi 1.444 Speaker Qur’an bagi sahabat netra selama Ramadan. Harapannya dengan speaker Qur’an ini akan memudahkan sahabat netra dalam menghafal ayat-ayat suci Al Qur’an dengan praktis dan mudah.

“Tarhib Ramadan kali ini Dompet Dhuafa mengajak untuk menata hati mempersiapkan diri agar kita menjadi insan yang mampu meningkatkan kuantitas serta kualitas ibadah di bulan Ramadan dan 11  bulan setelahnya. Dari hati kita perbanyak menghayati makna ibadah yang haqiqi, dari hati perbanyak mentadabburi kalam Illahi, dari hati kita sama-sama menjadi muslim sejati, dan dari hati kita perbanyak berbagi, Ramadan dari hati bersama Dompet Dhuafa Jabar,” ucap Andriansyah selaku Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Barat.

Kemeriahan Tarhib Ramadan ini turut didukung oleh beberapa mitra kebaikan yakni Rumah Kebaikan (Rubik), Majelis Ta’lim Tazkiyatun Nafs, Yayasan Indonesia Learning Qur’an (ILQ), DKM  Masjid Agung Trans Studio Bandung, Liany Cookies, Majelis Ta’lim Hidayah Muslimah, Habibaty Official, Majelis Ta’lim Darul Hikmah, Yesamalika, Yenssoon Accessories, dan RaunaPride. Sinergi ini diharapkan akan terus berlanjut dalam program dakwah lainnya, sehingga kebermanfaatan dalam upaya syiar dakwah akan semakin masif dan luas.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.