Jalan Cibolerang Bandung ambles

id Cibolerang, jalan cibolerang, amblas, kota bandung

Jalan Cibolerang Bandung ambles

Pengendara motor melintasi jalan yang amblas di Jalan Cibolerang, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/12/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes)  Bandung menutup sementara ruas Jalan Cibolerang yang merupakan salah satu jalur penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, akibat jalan ambles sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Kapolsek Babakan Ciparay Kompol Wawan Setiawan di Kota Bandung, Jumat, mengatakan jalan tersebut amblas di titik jembatan sungai kecil. Menurutnya, jalan itu ambles diduga  karena tergerus air sungai yang debitnya cukup tinggi akibat hujan deras.

"Kemarin seharian hujan, debit air banyak sehingga air dari arah Pasirkoja yang mengarah ke selokan Cibolerang ini menggerus pondasi jembatan," kata Wawan.

  Wawan mengatakan ruas jalan yang ambles itu memiliki panjang tujuh meter dan lebar empat meter dengan kedalaman amblas sekitar 20 centimeter.
 
Sejauh ini, menurutnya polisi langsung memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi jalan ambles tersebut di Kecamatan Babakan Ciparay. Pasalnya jalan tersebut pun menjadi jalur utama dari Jalan Raya Kopo untuk menuju ke Jalan Holis.

"Lalu lintas arah barat menuju ke sini diarahkan ke Holis. Dari arah Kopo timur diarahkan ke Utara dan Holis, kecuali bagi warga yang mau mengisi ke SPBU tetap dibuka," kata dia.
 
Sementara itu, Camat Babakan Ciparay Suparjo mengatakan penanganan jalan yang ambles itu langsung dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung.
 
Dia mengatakan penyebab jalan ambles tersebut masih diselidiki oleh DSDABM. Namun, menurutnya indikasi sementara penyebab jalan itu ambles karena aliran sungai kecil yang ada di bawah jalan.

"Kalau faktor beban, kami juga belum tahu karena kejadiannya subuh," kata Suparjo.