Pemkot Bandarlampung minta kandang ternak rutin disemprot disinfektan cegah PMK

id Lampung,Bandarlampung,PMK,Kota Bandarlampung

Pemkot Bandarlampung minta kandang ternak rutin disemprot disinfektan cegah PMK

Wali Kota Bandarlampung saat dimintai keterangan usai meninjau proses penyemprotan disinfektan di salah satu kandang hewan ternak di kota itu. Bandarlampung, Selasa, (16/8/2022). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Selain sosialisasi kami juga sebulan sekali menurunkan dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan ternak serta melakukan disinfektan, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Provinsi Lampung meminta agar para peternak rutin membersihkan kandang ternaknya dengan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sekarang kota kita sudah nol kasus PMK, maka para peternak juga harus menjaga kebersihan kandangnya," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan meskipun jumlah hewan ternak di Kota Bandarlampung tidak sebanyak di daerah lainnya, namun antisipasi PMK tetap harus dilakukan.

"Meskipun jumlah ternak di sini sedikit tapi memantau PMK harus intensif. Maka kandang-kandang sapi yang ada di kecamatan-kecamatan ini harus disemprot disinfektan minimal satu kali dalam satu bulan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Bandarlampung, Agustini mengatakan kandang ternak di kota ini ada 117 dan secara bertahap akan disemprot disinfektan.

"Kalau populasi sapi di Bandarlampung ada sekitar 1.130 ekor dan kambing ada 2.000 ekor. Alhamdulillah kemarin ada kambing yang kena PMK tapi sudah sembuh semuanya," kata dia.

Menurutnya terkait pemeriksaan kesehatan hewan ternak, pihaknya selalu rutin memberikan sosialisasi kepada peternak agar menjaga kebersihan kandang-kandangnya, sehingga meminimalkan hewan ternaknya terkena penyakit.

"Selain sosialisasi kami juga sebulan sekali menurunkan dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan ternak serta melakukan disinfektan," ujarnya.