Veteran Lampung: Nilai kebersamaan menjaga ketangguhan bangsa

id HUT RI, veteran Lampung, ketangguhan bangsa

Veteran Lampung: Nilai kebersamaan menjaga ketangguhan bangsa

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Lampung Mayor Purnawirawan Subardi saat memberi keterangan. Bandarlampung, Selasa (16/8/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Jadi kalau dulu pejuang seperti kami tantangannya terlihat jelas karena melawan penjajah sehingga strateginya pun jelas untuk menghadapinya, namun sekarang caranya berbeda, ujar Subardi
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Lampung Mayor Purnawirawan Subardi mengatakan melalui penerapan nilai kebersamaan di masyarakat dapat menjaga ketangguhan bangsa menghadapi tantangan di era globalisasi.

"Jadi kalau dulu pejuang seperti kami tantangannya terlihat jelas karena melawan penjajah sehingga strateginya pun jelas untuk menghadapinya, namun sekarang caranya berbeda," ujar Subardi, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan nilai-nilai kebersamaan perlu terus di pupuk untuk terus menjaga ketangguhan bangsa di era globalisasi di tengah tantangan yang komplek.

"Sekarang ini tantangan untuk bangsa Indonesia dan daerah sangatlah besar dan berbeda dengan zaman penjajahan, jadi untuk menjaga ketangguhan bangsa diperlukan penguatan nilai-nilai kebersamaan bagi generasi muda," katanya.

Dia menjelaskan selain menjaga nilai kebersamaan perlu pula terus mengedukasi generasi muda akan nilai nasionalisme, patriotisme dan kesetiakawanan.

"Nilai-nilai ini masih relevan bagi generasi penerus semua harus bersama-sama meneruskan perjuangan para pejuang untuk menghadapi tantangan ekonomi, ataupun permasalahan kesehatan di tengah pandemi COVID-19," ucapnya.

Menurut dia, di HUT ke-77 RI diharapkan kemajuan Bangsa Indonesia dapat terus bertumbuh untuk memberi kesejahteraan kepada masyarakat.

"Mari kita bangun bangsa Indonesia yang maju dan besar, dengan tetap berdasarkan pada nilai Pancasila, UUD 45 dan tetap dalam bingkai NKRI sehingga semakin maju dan sejahtera," kata dia lagi.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR RI menyebut Indonesia telah muncul sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan terutama pada masa pandemi COVID-19. 

Selain itu Presiden Jokowi juga mengajak semua pihak termasuk masyarakat, untuk saling bersinergi bersama untuk menjaga ketangguhan bangsa.