Arca struktur bata kuno ditemukan di Situs Gondang Trenggalek

id Situs Gondang Trenggalek, Trenggalek, temuan arca, bpcb jatim, arkeologi

Arca struktur bata kuno ditemukan di Situs Gondang Trenggalek

Arkeolog melakukan eskavasi di Situa Gondang Trenggalek dan menemukan tiga arca serta struktur bata kuno yang terpendam di kedalaman tanah sekitar 40 cm (ANTARA/HO - foto warga)

Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Tim arkeologi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur menemukan tiga arca utuh dan struktur bangunan yang diperkirakan usianya lebih tua dari zaman Kerajaan Majapahit saat melakukan eskavasi di Situs Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Tiga arca yang diidentifikasi sebagai patung Agastya, Mahakala dan Apsari itu ditemukan saat tim eskavasi menggali area di sekitar Sitius Gondang, sejak Selasa (26/7) hingga Jumat (29/7).

"Tiga arca itu terdiri atas Agastya, Mahakala, dan Apsari. Tiga arca ini terbuat dari batu andesit, batu kapur dan ada juga dari terakota. Dengan temuan ini, total ada lima arca yang ditemukan di Situs Gondang, dua di antaranya pada 2018 lalu," kata Pamong Budaya Ahli Madya BPCB Jawa Timur, Mohammad Said di Trenggalek, Sabtu.

Selain menemukan tiga buah arca, tim BPCB Jawa Timur juga menemukan struktur batu bata berukuran 6 x 6 meter.

Dari analisa sementara, konstruksi itu diduga adalah kaki sebuah candi.

.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Arkeolog temukan arca struktur bata kuno di Situs Gondang Trenggalek