Badan Pengelola Keuangan Haji dan Dompet Dhuafa salurkan ratusan ekor hewan kurban

id Dompet Dhuafa, Badan Pengelola Keuangan Haji dan Dompet Dhuafa salurkan ratusan ekor hewan kurban

Badan Pengelola Keuangan Haji dan Dompet Dhuafa salurkan ratusan ekor hewan kurban

Badan Pengelola Keuangan Haji dan Dompet Dhuafa salurkan ratusan ekor hewan kurban. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Banten (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Dompet Dhuafa bersinergi dalam aktivitas berkah kurban Idul Adha 1443 H.

Dompet Dhuafa diamanahkan untuk menyalurkan berkah kurban sebanyak 284 ekor setara doka (domba atau kambing) di 6 provinsi, antara lain Banten, Riau, Lampung, Jateng, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Nusa Tenggara barat (NTB). Dimana penyalurannya akan disebar ke penerima manfaat yang tersebar di pelosok Desa di 6 provinsi tersebut.
 
Doka yang diterima Dompet Dhuafa disebarkan di Banten sebanyak 144 ekor, Riau 48 ekor, Lampung 21 ekor, Jawa Tengah 21 ekor, Daerah Istimewa Yogyakarta 29 ekor, dan Nusa Tenggara Barat 21 ekor. Dengan total penerima manfaat daging seluruhnya mencapai 2.840 Kepala Keluarga (KK). 
 
“Terima kasih kepada jamaah haji Indonesia melalui Divisi Kemaslahatan BPKH telah memberikan kepercayaan kepada Dompet Dhuafa untuk menyalurkan berkah kurban BPKH sebanyak 284 ekor domba/kambing kepada masyarakat yang membutuhkan di beberapa wilayah. Semoga di momen Idul Adha ini para penerima manfaat dapat merasakan kebahagiaan dan kebermanfaatan hewan kurban yang disalurkan kepada mereka. Serta semoga keberkahan dan pahala terbaik dari penyaluran berkah kurban ini dapat terus mengalir kepada para haji Indonesia,” ungkap Etika Setiawanti selaku Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa.
 
Proses pemotongan domba/kambing pada hari Minggu dan Selasa (10,12/07/2022) bertempat di Dompet Dhuafa Farm Banten. 

Kondisi kambing yang akan dipotong dalam keadaan sehat dan telah melalui quality control (QC), sehingga terjamin bebas dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan total penerima manfaat sekitar 1440 KK di 16 titik distribusi daerah Banten. 
 
Rahmat Hidayat selaku Anggota Badan Pelaksana Bidang Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan BPKH mengatakan pada momentum yang berbahagia dan masih dalam suasana hari raya Idul Adha Tahun 1443 H / 2022 M , BPKH beserta 10 mitra kemaslahatan menyalurkan sebanyak 2843 Qurban yang tersebar lebih dari ratusan titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Semoga program ini mendapatkan barokah dan ridho Allah SWTp, serta dapat bermanfaat dan dapat mendukung ketahanan pangan masyarakat indonesia khususnya yang berada di lokasi terpencil , terluar, tertinggal dan terdampak bencana," katanya.
 
Selasa pagi menjelang siang di hari tasyrik kedua (12/07/2022), berkah daging kurban disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di kawasan pesisir, Kampung Baru Bugis RT/RW 03/06, Dermaga Karangantu, dan Dusun Pinggir Rel Kereta, Banten. 

Warga desa di desa pesisir saling bantu, bahu membahu, bergotong royong dengan bahagia memotong dan mencacah daging berkah kurban ini sebelum dimasukkan ke dalam wadah yang ramah lingkungan.
 
“senang sekali, warga di sini tidak ada yang mampu untuk berkuban. Tapi allhamdulillah masih ada yang mau kasih daging. Semoga berkah buat yang kasih dan semoga sehat selalu” ucap Saniarti nenek usia 56 tahun yang mengurusi 2 cucunya seorang diri di balik rumah bilik pinggir jalur rel kereta.
 
Dengan adanya program Berkah Kurban BPKH ini tidak hanya memberi kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan akan tetapi juga memberikan manfaat bagi para mustahik di Dompet Dhuafa Farm Banten yang menjadi bermanfaat untuk membantu persiapan, pemotongan, hingga distribusi daging berkah kurban ini. 

Semoga seinergi antara BPKH dan Dompet Dhuafa ini dapat selalu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat yang menerima serta memberikan keberkahan kepada semua pihak yang terlibat. 


Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.