586 ekor ternak di Rejang Lebong terkonfirmasi PMK

id Rejang Lebong ,PMK ,Distankan

586 ekor ternak di Rejang Lebong terkonfirmasi PMK

Petugas Distankan Kabupaten Rejang Lebong melakukan vaksinasi ternak guna mengantisipasi penyebaran PMK di wilayah itu. ANTARA/HO-Distankan Rejang Lebong

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah ternak jenis sapi, kerbau dan kambing di wilayah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) mencapai 586 ekor.

Kepala Distankan Rejang Lebong Zulkarnain dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan ternak yang dinyatakan terkonfirmasi tersebut adalah milik masyarakat tersebar dalam beberapa kecamatan.

"Jumlah ternak di Kabupaten Rejang Lebong yang dinyatakan terkonfirmasi positif PMK hingga saat ini mencapai 586 ekor, di mana dari jumlah itu dua ekor dinyatakan mati dan empat ekor terpaksa dipotong," kata dia.

Dia menjelaskan, 586 ternak yang terkonfirmasi positif PMK ini terdiri dari 534 ekor jenis sapi, 16 ekor jenis kambing dan 37 ekor jenis kerbau.

Sejauh ini dari 586 ternak yang dinyatakan sakit tersebut sudah ada 164 ekor jenis sapi dan kambing yang dinyatakan sembuh, sehingga jumlah ternak yang masih sakit sebanyak 416 ekor terdiri dari jenis sapi dan kerbau.