Warga Tangerang diminta waspadai DBD

id Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang,DBD Tangerang

Warga Tangerang diminta waspadai DBD

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Sumihar Sihaloho. ANTARA/Azmi Samsul Maarif

Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten meminta masyarakat setempat untuk mewaspadai terhadap penyebaran wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) saat memasuki musim penghujan saat ini.

"Dengan situasi musim hujan ini, warga diimbau untuk waspada adanya DBD. Dan kalau ada sarang nyamuk atau mencurigai terkena-nya gejala-gejala penyakit itu bisa langsung lapor ke kita," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Sumihar Sihaloho di Tangerang, Selasa.

Ia menjelaskan, saat musim hujan ini banyak terdapat genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk jenis aedes aegypti dan dapat menyebarkan penyakit pada manusia.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk menerapkan pola 3M yaitu dengan menguras, menutup tempat penampungan air serta mengubur sampah atau barang bekas.

"Jadi perilaku 3M ini sangat penting dilakukan sebagai pencegahan terkena DBD," katanya.

Ia menyebutkan, untuk kasus DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini akan menjangkit ke segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia (lansia), sehingga diharapkan semua pihak untuk mewaspadai wabah tersebut.

"Usia paling banyak terkena kasus DBD dari usia 15 sampai 44 tahun," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022