Sandiaga promosikan kuliner Indonesia saat kunjungi restoran di New York

id Restoran ,New York ,Menparekraf ,Sandiaga Uno ,Kuliner Indonesia

Sandiaga promosikan kuliner Indonesia saat kunjungi restoran di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mempromosikan kuliner khas Indonesia dengan mengunjungi restoran Indonesia di New York, Amerika Serikat.

"Ini setelah 17 jam terbang dan tiba di New York, Indonesian Spice Of The World mendarat di Awang Kitchen. Dan disini ada dihidangkan Cireng, Tempe Mendoan, dan yang epik ini ada Cilok (Cireng yang di colok), ini luar biasa," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sandiaga Uno bercanda dengan Wakil Tetap RI Untuk PBB Arrmanatha Nasir bahwa mereka tidak akan rindu dengan makanan Indonesia karena di Awang Kitchen New York ini semua makanan Indonesia, bahkan lontong ketupat juga ada.

"Sama rasanya seperti yang ada di Garut. Kita dapat sensasi kangkung belacan yang masih mengepul panas, Tahu Gejrot, dan juaranya adalah ikan bawal bakar madu dari Awang Kitchen, legends mari kita santap," kata Sandiaga Uno.

Menparekraf juga menjelaskan keberadaan restoran tersebut bagian dari Indonesian Spice Of The World.

Indonesia Spice Up To The World (ISUTW) merupakan program Menparekraf Sandiaga Uno dengan membuka jalur rempah menuju New York.

Tujuan utama dari program ISUTW ini adalah mendorong kuliner Indonesia hadir di mancanegara dan memberi nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

Dalam kunjungannya di New York, Menparekraf bersama Wakil Tetap RI Untuk PBB Arrmanatha Nasir berkesempatan menyambangi Restoran Awang Kitchen 'Indonesian Asian Fusion & Sushi Bar' di Queens Boulevard, New York.

Sejumlah sajian yang ditawarkan dari restoran tersebut diantaranya yakni bakmi ayam, bubur ayam, nasi tim ayam, nasi goreng, mie goreng, kepiting soka, ikan tenggiri balado, ikan bawal goreng dan bakar, cumi goreng, udang goreng dan bakar.

Selain itu adapula sejumlah jajanan yang biasa ditemui di Indonesia yang dihadirkan di restoran tersebut yakni Batagor, Cireng, Pempek Palembang, Sate Ayam, Sate Kambing, Sate Kerang, Tahu Gejrot, Tempe Mendoan, Kulit Ayam Goreng. Selain itu adapula pilihan makanan berkuah seperti bakso, Sop Iga, Soto Ayam Lamongan, Soto Betawi, Sop Buntut

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno berangkat menuju New York, Amerika Serikat untuk menghadiri undangan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations General Assembly/UNGA).

Sandiaga Uno mendapat undangan dari Ketua Majelis Sidang Umum PBB, Abdulla Shahid, dalam acara High-Level Thematic Debate.

Menparekraf menyampaikan bahwa dirinya akan terus mendorong pengembangan investasi pariwisata berkelanjutan yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat luas.

Salah satu realisasinya kata Sandiaga Uno adalah membahas terkait Community-based tourism yang terimplementasi dalam program pengembangan desa wisata.

Hal ini tentu sesuai dengan rencana strategis UNWTO sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata dunia yang lebih berkualitas dan berkeadilan untuk kesejahteraan masyarakat (prosperity for all).