Itera permudah mahasiswa mengakses buku dengan aplikasi E-Library

id Lampung,Bandarpampung,Itera

Itera permudah mahasiswa mengakses buku dengan aplikasi E-Library

Mahasiswa Itera menunjukkan Aplikasi E-libarary. Rabu, Bandarlampung, (23/2/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal dua hari, setelah itu buku akan otomatis kembali ke rak digital tanpa perlu melakukan pengembalian, jelasnya
Bnadarlampung (ANTARA) - Perpustakaan Institut Teknologi Sumatera (Itera) mempermudah mengakses buku dengan aplikasi digital E-library yang telah diluncurkan sejak awal 2022.

"Aplikasi yang tersedia dalam sistem operasi Android dan Windows tersebut semakin mempermudah mahasiswa mengakses buku secara digital," kata Kepala UPT Perpustakaan Itera Dr. Muhamad Fatikul Arif, S.T., M.Sc., dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan aplikasi E-library menyediakan buku-buku digital yang sudah dipastikan legal dan sebelumnya telah dibeli oleh Itera, yang hingga saat ini E-library menyediakan 440 judul buku saintek sesuai program studi dan 107 buku umum. 

Dia juga mengatakan aplikasi yang sangat mudah untuk diakses mahasiswa ini juga menyediakan fitur peminjaman buku seperti di perpustakaan offline, namun tidak perlu datang ke perpustakaan.

“Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal dua hari, setelah itu buku akan otomatis kembali ke rak digital tanpa perlu melakukan pengembalian,” jelasnya.

Selain peminjaman, mahasiswa juga dapat langsung membaca buku tersebut dan jika sudah selesai dapat menutupnya sehingga orang lain dapat membacanya. 

Dia juga menyebutkan, E-library Itera dapat diakses menggunakan Android dan Windows yang dapat diunduh melalui Playstore. Setelah mengunduh mahasiswa dapat melakukan pendaftaran menggunakan data diri dan kartu identitas, kemudian dapat meminta aktivasi kepada pihak perpustakaan sehingga setelah diaktivasi dapat digunakan mahasiswa.

Kepala UPT Perpustakaan Itera yang juga Dosen Teknik Material ITERA ini juga menjelaskan E-library memiliki fitur menarik, antara lain fitur pembaca terbaik yang setiap minggunya berganti tergantung mahasiswa terbanyak dan terlama dalam membaca buku. Selain itu, terdapat juga kategori buku yang sesuai dengan jurusan dan program studi Itera sehingga memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi. 

"Setiap buku yang dibaca atau dipinjam juga dapat diberikan highlight dan catatan yang tetap akan terlihat jika suatu saat akan membaca buku tersebut kembali, semua fitur tersebut tentunya untuk memudahkan mahasiswa dalam membaca buku di E-library Itera,” katanya.