Kadis Kominfo Lampung Barat pimpin rapat tentang SPBE

id lampung, lampung barat

Kadis Kominfo Lampung Barat pimpin rapat tentang SPBE

Kadis Kominfo Lampung Barat pimpin rapat tentang SPBE (ANTARA/HO-Pemkab Lambar)

Bandarlampung (ANTARA) - Dalam rangka meningkatkan indeks penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022, Plt. Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Lampung Barat Munandar  yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi Iskandar, serta Kasi Pengembangan dan Tata Kelola Aplikasi Pemerintah Dedi Firmansyah, melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Dinas komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Lampung, beberapa waktu lalu.

Dari hasil koordinasi dan konsultasi tersebut, Plt. Kepala Dinas Kominfo Lampung Barat Munandar mengatakan berdasarkan rekomendasi dari Syopiansyah Jaya Putra, selaku Staf Ahli Gubernur Lampung, Pemkab Lampung Barat diminta untuk melakukan peninjauan kembali terhadap perubahan peraturan Bupati Nomor: 40 Tahun 2020 tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan mencantumkan arsitektur data dan informasi, arsitektur keamanan, peta rencana dan mengatur tentang siklus pembangunan aplikasi serta lainnya yang tercantum dalam Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Selain itu, ia juga mengatakan untuk meningkatkan kapabilitas SPBE di Kabupaten Lampung Barat perlu mendukung dan menerapkan Program Kartu Petani Berjaya, karena Program Kartu Petani Berjaya menghubungkan semua kepentingan pertanian untuk mencapai kesejahteraan petani.

Selanjutnya perlu juga didukung adanya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) serta penambahan jaringan intra dengan menghubungkan Perangkat Daerah pada satu jaringan di bawah kendali Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Kita juga perlu meningkatkan kompetensi SDM dengan mengikuti pelatihan-pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi,” pungkas Munandar.