Universitas Diponegoro kembangkan bus pintar anti-COVID-19

id Bus anti covid undip

Universitas Diponegoro kembangkan bus pintar anti-COVID-19

Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama mencoba interior bus pintar anti-COVID-19 bernama "Bio Smart and Safe Bus" yang merupakan kolaborasi perguruan tinggi bersama dunia industri di Semarang, Selasa (9/11/2021). (ANTARA/ HO-Humas Undip Semarang)

Terdapat tiga komponen penting pada bus tersebut, yakni penerapan jaga jarak, aplikasi nanosilver bebas bakteri dan mikroba, serta penyediaam masker herbal

Semarang (ANTARA) - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengembangkan bus pintar anti-COVID-19 bernama "Bio Smart and Safe Bus" yang merupakan kolaborasi perguruan tinggi bersama dunia industri.

Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama dalam siaran pers di Semarang, Selasa, mengapresiasi terobosan atas kolaborasi Fakultas Kedokteran Undip dan perusahaan karoseri Laksana itu.

Menurut dia, inovasi tersebut jangan hanya berhenti pada pembuatan bus tersebut.

"Inovasi ini jangan hanya berhenti di sini, buat inovasi yang murah, sederhana, dan pintar," katanya.

Ia berharap, inovasi ini bisa dibuat dalam bentuk mobil yang sederhana, berbiaya murah, namun canggih.

Ketua Tim Riset "Bio Smart and Safe Bus" dr. Awal Prasetyo menjelaskan penelitian bus anti -COVID tersebut sudah dilakukan sejak awal pandemi di 2020.

Menurut dia, terdapat tiga komponen penting pada bus tersebut, yakni penerapan jaga jarak, aplikasi nanosilver bebas bakteri dan mikroba, serta penyediaam masker herbal.

Ia menambahkan pengembangan penelitian bus ini merupakan bagian dari program Kedaireka yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.