Pringsewu gelar pelatihan gamolan bagi guru SMP/MT/ SMA/SMK/MA se-kabupaten

id lampung, pringsewu

Pringsewu gelar pelatihan gamolan bagi guru SMP/MT/ SMA/SMK/MA se-kabupaten

Pelatihan gamolan bagi guru SMP/MT/ SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Pringsewu (Antaralampung/Doc Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi membuka Pelatihan Gamolan Bagi Guru SMP/MTs/ SMA/SMK/MA se-Kabupaten Pringsewu di MTs Negeri 2 Pringsewu,

Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub, Kepala Kantor Kementerian Agama Pringsewu Rifa'i, Kepala Prodi Pendidikan Musik FKIP Universitas Lampung Hasyimkan, dan Kepala MTs Negeri 2 Pringsewu Tina Marlinda,

Dalam sambutannya Wabup Fauzi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengucapkan selamat datang kepada Tim dari Universitas Lampung dan berterima kasih atas sumbangsih waktu, ilmu serta wawasan yang akan dibagikan pada kita semua hari ini.

Dunia pendidikan adalah dunia yang kompleks, selalu ada pembaharuan serta perubahan pola pengajaran yang coba kita terapkan yang kesemuanya bermuara pada satu tujuan yaitu peningkatan kualitas anak didik sebagai sumber daya manusia yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet pembangunan tidak hanya di Kabupaten Pringsewu namun juga dalam skala Nasional.

Dari hasil survei awal yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Universitas Lampung untuk mata pelajaran seni dan budaya di SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Pringsewu, khususnya pembelajaran Seni Musik selama ini kurang memenuhi tuntutan kurikulum. Pelajaran biasanya sekedar diisi dengan bernyanyi klasikal dilanjutkan individual, kurang menyiratkan unsur-unsur musik yang sedemikian kaya terutama unsur irama dan unsur melodi.

Gamolan adalah salah satu alat musik tradisi yang sangat praktis, sangat memungkinkan guru menggunakan alat musik tersebut sebagai media pembelajaran dan menguntungkan dalam upaya meningkatkan penguasaan siswa dalam hal unsur-unsur irama dan unsur-unsur melodi tersebut. Apalagi Gamolan merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Lampung, untuk itu suatu kewajiban bagi kita untuk memasyarakatkannya pada anak didik kita.

“Untuk itu, saya berharap agar para peserta pelatihan yang terdiri dari para guru SMP/MTS/ SMA/SMK/MA se-Kabupaten Pringsewu dapat mengikuti kegiatan hari ini dengan antusias dan tanggung jawab penuh. Sebab jika saudara benar-benar mampu memainkan instrumen musik ini, maka akan memperkaya dan menambah daya tarik bagi kegiatan pembelajaran yang akan saudara-saudara sampaikan pada anak didik saudara nantinya. Selain itu ilmu dan wawasan yang diperoleh hari ini hendaknya disampaikan pada rekan-rekan lainnya serta lingkungan sekitar saudara. Dengan demikian Gamolan selain dilestarikan, dikembangkan juga dapat menambah ilmu pengetahuan serta kemajuan Pringsewu di masa mendatang,” harap Fauzi.