Asisten bidang Umum Pesibar ikuti kegatan program P3D secara virtual

id Lampung, pesisir Barat

Bandarlampung (ANTARA) - Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Pesisir Barat Hasnul Abrar Sanusi mengikuti webinar peluang pemerintah dalam mengelola pelabuhan dalam rangka pelaksanaan program P3D (Pengalihan Personel, Pendanaan, Sarana Prasarana, dan Dokumen), beberapa hari lalu.

Dalam sambutan Ketua ABUPI Aulia Febrial Fatwa mengatakan Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) yang merupakan induk organisasi perusahaan dan pengusaha bidang jasa kepelabuhan mengimbau pemerintah untuk mengajak swasta mengelola pelabuhan yang ada di Indonesia.

Ketua ABUPI menilai persoalan lain terkait dengan pengelolaan pelabuhan adalah adanya kecenderungan pemerintah daerah untuk mengelola pelabuhan yang berada di wilayahnya tanpa memperhatikan kemampuan dan ketersediaan fasilitas. Untuk itu pengembangan pelabuhan tidak bisa dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tapi juga diperlukan keterlibatan pihak swasta (BUMS) dan pihak pemerintah daerah (BUMD) dalam mengembangkan pelabuhan tersebut.

Untuk itu ABUPI dan Apkasi telah sepakat mengelola pelabuhan dan siap bersama-sama dengan pemerintah ikut serta dalam pengembangan pelabuhan-pelabuhan utama dan pelabuhan penunjang.