PPLK Itera ajang mengenal kampus dan hiburan mahasiswa baru

id Lampung, Itera

PPLK Itera ajang mengenal kampus dan hiburan mahasiswa baru

Institut Teknologi Sumatera melalui Keluarga Mahasiswa (KM-Itera) menyelenggarakan Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) bagi mahasiswa baru, 16 – 21 Agustus 2021, secara dalam jaringan (Antaralampung/ITERA)

Selain itu, konsep budaya nusantara yang kami angkat bukanlah budaya yang ada di Indonesia secara keseluruhan, melainkan lebih menonjolkan budaya yang ada di Pulau Sumatera, ujar Mahendra

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) melalui Keluarga Mahasiswa (KM-Itera) menyelenggarakan Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) bagi mahasiswa baru pada 16 – 21 Agustus 2021, secara dalam jaringan (daring), kegiatan rutin setiap tahun tersebut menjadi bentuk penyambutan mahasiswa baru sekaligus ajang pengenalan lingkungan kampus, mulai dari kegiatan akademik, fasilitas dan lingkungan kampus, hingga kegiatan kemahasiswaan.

Ketua Pelaksana PPLK Itera tahun 2021, Mahendra menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 4.600 mahasiswa baru. Sementara jumlah panitia yang terlibat yaitu sekitar 700 panitia yang terlibat secara daring. Pada PPLK kali ini, panitia mengusung tema yang mengkolaborasikan antara SDG's dengan nuansa budaya nusantara.

“Sebagai kampus berbasis teknologi tentu saja tidak lupa dengan SDG's di tahun 2030. Selain itu, konsep budaya nusantara yang kami angkat bukanlah budaya yang ada di Indonesia secara keseluruhan, melainkan lebih menonjolkan budaya yang ada di Pulau Sumatera,” ujar Mahendra.

Baca juga: Itera bahas "green building" dalam inovasi pembangunan

Mahendra yang merupakan mahasiswa Program Studi Arsitektur, menambahkan, konsep kegiatan PPLK tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan secara daring dan tetap menghibur. Pembeda konsep acara dengan tahun lalu yaitu terdapat opening ceremony dan juga closing ceremony dan virtual tour dengan menyediakan aplikasi berbasis games menggunakan VPS dan bisa keliling kampus Itera.

“Tentu saja ini bertujuan agar mahasiswa baru mengetahui apa saja yang ada di Itera,” tambahnya

Selama mengikuti PPLK Itera 2021, mahasiswa baru mendapatkan berbagai materi pengembangan diri yang disampaikan para narasumber, baik dari internal ataupun eksternal kampus.

Baca juga: Mahasiswa Itera rancang inovasi deflektor pembangkit listrik tenaga arus laut

Selain itu, dalam PPLK kali ini ini seluruh panitia yang terlibat telah mengemas seluruh kegiatannya semenarik mungkin, seperti terdapat commercial break di sela kegiatan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan peserta PPLK, dan di hari terakhir panitia juga akan menggelar acara hiburan bertajuk Collaboration Unit Itera (CUI) yang diisi penampilan seluruh unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di Itera.

Kegiatan CUI akan dilakukan secara hybrid dengan perpaduan seni langsung dan teknologi. Panitia juga telah mengkategorikan setiap bidang kegiatan mahasiswa yang ada di kampus Itera untuk membawakan penampilak yang menarik dan tertata dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Itera.