Bupati Pesisir Barat terima audiensi Kepala BPS Lampung Barat yang baru

id lampung, pesisir barat,bps lampung barat

Bupati Pesisir Barat terima audiensi Kepala BPS Lampung Barat yang baru

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menerima audiensi dari BPS Lampung Barat, untuk melakukan temu pamit dan pisah sambut Kepala Badan Pusat Statistik Lampung Barat. Antaralampung/HO- Pemkab Pesisir Barat

BPS meminta dukungan dan kerja sama yang baik dari Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menerima audiensi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat, untuk melakukan temu pamit dan pisah sambut Kepala BPS Lampung Barat dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, di Lamban Ramdo Gunung Kemala.



“Maksud dan tujuan melakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Pesisir Barat, yaitu temu pamit Kepala Badan Pusat Statistik yang lama Amiruddin, dan melaporkan Kepala Badan Pusat Statistik yang baru Nasrullah Arsyad,” kata Kepala BPS Lampung Barat yang baru Nasrullah Arsyad, di Pesisir Barat, beberapa waktu lalu.



Menurutnya, BPS meminta dukungan dan kerja sama yang baik dari Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat, agar semua tugas pokok dan fungsi dapat terlaksana dengan baik. BPS siap dilibatkan dan mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.



Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menceritakan secara detail semboyan Kabupaten Pesisir Barat yaitu negeri para sai batin dan ulama, salah satunya bahwa Kabupaten Pesisir Barat yang terdiri dari 16 saibatin, dan saibatin adalah masyarakat adat yang tumbuh dan berkembang dengan budaya yang masih utuh dengan adat istiadat yang selama ini dilaksanakan oleh masyarakat tersebut.



Masyarakat adat Kabupaten Pesisir Barat yang disebut dengan saibatin, merupakan garis keturunan keningratan secara turun temurun seperti halnya keningratan yang ada di Pulau Jawa. Menjadi saibatin di Kabupaten Pesisir Barat tidak bisa diperjualbelikan betul-betul berdasarkan garis keturunan.



Sementara negeri para ulama bahwa benar bahwa fakta -fakta sejarah banyaknya pejuang-pejuang Islam menjadi tokoh-tokoh agama atau ulama yang lahir dari Kabupaten Pesisir Barat. Salah satu ulama yang dikenal yaitu KH Muhammad Thohir yang saat ini menjadi nama Rumah Sakit Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat.



Selanjutnya Bupati menjelaskan tentang keberadaan Bandara Taufiq Kiemas, sehingga nama Taufiq Kiemas diabadikan menjadi nama bandara di Kabupaten Pesisir Barat.



Secara gadis keturunan kakek Taufiq Kiemas adalah keturunan dari Pulau Pisang yang belum lama ini Ketua DPR RI Puan Maharani melaksanakan peresmian bandara tersebut, sekaligus napak tilas dan berziarah ke makan leluhur di Pulau Pisang, serta mendapat pula gelar kehormatan Kaka Ratu Kartadilaga.



 

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar