Kepri bolehkan mudik lokal

id Tambahan armada mudik,Mudik Kepri

Kepri bolehkan mudik lokal

Suasa pelabuhan penyeberangan antarpulau di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemprov Kepri melalui Dinas Perhubungan memastikan akan melakukan penambahan armada kapal penumpang usai mudik lokal antarpulau di daerah itu diperbolehkan selama tanggal 6-17 Mei 2021.

"Kapal pasti ditambah, meski diperkirakan jumlah penumpang pada saat mudik lokal tidak akan sebanyak dua atau tiga tahun lalu, tapi tetap kita antisipasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi di Tanjungpinang, Rabu..

Penambahan armada kapal ini dilakukan guna meminimalisir penumpukan penumpang pada satu armada kapal.

Pihaknya juga akan membatasi jumlah penumpang di dalam satu kapal. Sehingga dapat menerapkan protokol kesehatan COVID-19, khususnya menjaga jarak aman antar penumpang.

Menurut Junaidi, dalam waktu dekat ini akan turun surat edaran Pemprov Kepri terkait pengaturan pelaksanaan mudik lokal di wilayah tersebut.

"Surat edaran itu juga mengatur syarat perjalanan mudik lokal, karena ada wacana penumpang diwajibkan tes cepat antigen atau GeNose sebelum berangkat," ujar Junaidi.

Lebih lanjut, dia menyampaikan kendati mudik lokal diperbolehkan, namun masyarakat tetap dimbau tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak aman, hindari Kerumunan serta cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan mudik lokal yang dilakukan masyarakat setempat dapat aman dan terhindar dari penyebaran COVID-19.

"Kalau protokol kesehatan diperketat, insyaAllah mudik lokal berjalan aman dan sehat," demikian Junaidi.

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar