Ini komponen penting tunjang "gaming" di ponsel

id oppo reno5 f,oppo reno,oppo,game

Ini komponen penting  tunjang "gaming" di ponsel

Ilustrasi "gaming" dengan perangkat OPPO Reno5 F. (ANTARA/OPPO Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Aktivitas gaming saat ini masih banyak digemari oleh beragam kalangan. Selain sebagai sarana hiburan dan pelepas rasa jenuh saat bekerja atau belajar, mobile gaming juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi penggunanya.

Namun, untuk bisa memainkan game dan memiliki akun pro-player, diperlukan perangkat mobile dengan komponen yang mumpuni. Berikut adalah ulasannya dari OPPO, Kamis.

RAM
Random Access Memory (RAM) menjadi salah satu komponen penting. Apabila game yang akan dimainkan berukuran besar dan RAM tidak memenuhi standar yang disyaratkan maka akan terjadi lag. Agar tidak terjadi lag saat bermain, pengguna bisa memilih perangkat yang memiliki RAM 8GB seperti OPPO Reno5 F.

Chipset
Selain RAM, perangkat untuk bermain game harus memiliki chipset mumpuni, agar gaming semakin nyaman dan lancar. OPPO Reno5 F ditenagai MediaTek Helio P95 Octacore dan berjalan pada 2 ARM Cortex-A75 Prime Cores dengan kecepatan 2.2GHz.

Layar
Semakin besar layar ponsel, permainan akan terasa lebih nyaman seperti pada perangkat OPPO Reno5 F yang memiliki layar punch-hole AMOLED 6,43 inci. Dengan persentase screen-to-body 90,8 persen membuat tampilan game lebih jelas terlihat mata.

Operating System
Sektor gaming menjadi salah satu yang diperhatikan dalam sistem Android terbaru. Kehadiran ColorOS 11.1 yang berbasis Android 11 ini juga menawarkan beberapa fitur terbaik.

Game Focus Mode, sebuah fitur eksklusif OPPO yang akan memblokir semua notifikasi termasuk panggilan, gesture, bahkan petunjuk volume di layar. Gaming Shortcut Mode mengurangi waktu yang diperlukan untuk memulai permainan dengan memotong sumber daya latar belakang.

Game Floating Window tidak akan menggangu gameplay karena layar diperkecil dan tidak menyebabkan keluar dari permainan. Terakhir, Bullet Screen Message sebagai solusi nyaman bagi para mobile gamer yang tidak ingin memblokir notifikasi sepenuhnya.

Baterai
Pilihlah baterai berkapasitas besar dan pastikan sudah ada fitur fast charging di ponsel. OPPO Reno5 F memiliki baterai 4310mAh dan teknologi pengisian daya 30W VOOC Flash Charge 4.0 yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat, sekaligus menawarkan Smart Power Saving - mode hemat daya untuk menjaga ponsel tetap bertenaga dan beroperasi bahkan pada kondisi kritis.

Super Power Saving Mode akan menghemat baterai dengan mengurangi frekuensi CPU, menurunkan kecerahan layar, dan lainnya sehingga baterai dalam kondisi 5 persen tetap dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti menelepon, mengirim SMS, atau menggunakan aplikasi navigasi.

Super Nighttime Standby mengidentifikasi dan menyesuaikan dengan rutinitas waktu tidur untuk memastikan baterai hanya berkurang 2 persen. Selain itu, untuk pengisian daya saat malam hari dan mencegah pengisian daya berlebih, 30W VOOC Flash Charge 4.0 dilengkapi dengan fitur keamanan Battery Guard.