2.313 calon mahasiswa lolos SNMPTN Institut Teknologi Sumatera

id ITERA,SNMPTN,Lmapung,Mahasiswa baru

2.313  calon mahasiswa lolos SNMPTN Institut Teknologi Sumatera

Suasana Institute Teknologi Sumatera (ITERA). Senin. (22/3/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho)

Khusus untuk jalur SNMPTN, jumlah calon mahasiswa yang diterima sebesar 45 persen dari total mahasiswa baru ITERA tahun 2020, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 2.313 calon mahasiswa lolos dinyatakan Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Provinsi Lampung.

"Dari 2.313 calon mahasiswa itu terdapat 643 pendaftar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-kuliah) atau terbanyak ke-11 secara nasional," kata Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik Prof. Dr.-Ing. Mitra Djamal, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun ini tercatat calon mahasiswa yang mendaftar di ITERA sebanyak 6.879 orang, pendaftar tersebut meningkat 47 persen dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 4.678 orang.

Baca juga: Sebanyak 1.713 orang dinyatakan lolos SNMPTN Universitas Lampung

Djamal menenyebutkan sebanyak 2.313 peserta yang dinyatakan lolos tersebut tersebar di 35 program studi (prodi) yang ada di kampus ini termasuk dua program studi (prodi) baru, yakni Sains Data dan Teknik Perkeretaapian. 

"Adapun lima prodi dengan pendaftar terbanyak jalur SNMPTN tahun ini masih sama dengan tahun sebelumya, yakni prodi Farmasi 938 pendaftar, Teknik Informatika (716), Perencanaan Wilayah dan Kota (381), Teknik Sipil (378), dan Teknik Pertambangan (376)," katanya.

Sedangkan, lima provinsi teratas asal pendaftar SNMPTN ITERA tahun ini, yakni Provinsi Lampung 57.41 persen, Sumatera Utara 12.06 persen, Sumatera Selatan 7.09 persen, DKI Jakarta 4.89 persen dan Jawa Barat 6.05 persen.

Baca juga: ITERA gagas pembangunan rumah ibadah multiagama di kampus

Ia menyebutkan kuota penerimaan mahasiswa baru ITERA tahun ini berjumlah sekitar 5.000 mahasiswa yang akan diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. 

"Khusus untuk jalur SNMPTN, jumlah calon mahasiswa yang diterima sebesar 45 persen dari total mahasiswa baru ITERA tahun 2020," katanya.

Baca juga: Kementan komitmen dukung pembangunan kebun buah di Itera

Ia meminta kepada peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN di ITERA untuk mengisi data isian mahasiswa (DIM), yang mencakup data pribadi, keluarga, dan lainnya pada laman http://dim.itera.ac.id. 

Jadwal pengisian DIM dan verifikasi online khusus bagi pemilik KIP Kuliah dijadwalkan 23–30 Maret 2021, sementara bagi calon mahasiswa reguler (tidak memiliki KIP Kuliah) dijadwalkan 23 Maret – 2 April 2021.  

“Data yang diisi harus sebenar-benarnya karena akan menjadi data dan informasi penting selama mahasiswa menjalani perkuliahan di ITERA," kata dia.

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar