Itera berikan penghargaan Adi Karsa Utama Mentri Perhubungan

id Itera,Kampus ,Menhub,Penghargaan

Itera berikan penghargaan Adi Karsa Utama Mentri Perhubungan

kata Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., IPU., saat memberikan penghargaan kepada Mentri Perhubungan RI Budi Karya Sumardi. Senin. (30/11/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) memberikan penghargaan Adi Karsa Utama Kepada Menteri Perhubungan Budi Karyadi Sumardi atas jasa dan kontribusinya dalam percepatan pembangunan di kampus tersebut.

"Penghargaan Adi Karsa Utama adalah sebagai bentuk apresiasi atas dukungan Kemenhub RI kepada Itera selama ini," kata Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin, MSc, PhD. IPU, dalam keterangannya, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengungkapkan bahwa selama ini Kementerian Perhubungan telah banyak membantu Itera khususnya dalam penyediaan alat transportasi publik guna dipakai oleh civitas akademika di kampus ini.

"Kemenhub sudah membantu kita dengan memberikan 10 unit bus yang saat ini dikembangkan sebagai Smart BRT Itera," kata dia.

Rektor pun mengatakan bahwa bus bantuan dari kemenhub telah dioperasionalkan sebagai moda transportasi publik bagi mahasiswa, dan civitas akademika Itera serta masyarakat yang dilalui jalur Smart BRT Itera. 

"Smart BRT Itera dalam pengembangannya akan dilengkapi dengan aplikasi GPS bagi pengguna, serta dapat memanfaatkan pembayaran dengan uang elektronik (e-money)," kata dia.

Dia pun mengucapkan terimakasih atas dukungan Menteri Budi Karyadi Sumardi selama ini karena sebagai perguruan tinggi baru, ITERA terus melakukan percepatan pembangunan.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bahwa Itera didirikan pemerintah sebagai institut teknologi yang diharapkan menjadi center of excellence atau pusat unggulan di Sumatera, dan saat ini jumlah mahasiswa aktif telah mencapai 12.387 orang yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sementara Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumardi, menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Itera kepada dirinya.

"Tentunya kami pun akan memberikan dukungan terhadap percepatan pengembangan yang dilakukan Itera, dan berharap dapat menjadi salah satu kampus terbaik di Sumatera dan nasional," kata dia.