Pegiat wisata kagumi keindahan Kampung Buya Hamka Sumbar

id Agam, pariwisata, Sumbar

Pegiat wisata kagumi keindahan Kampung Buya Hamka Sumbar

Ridwan Tulus sedang berbincang dengan tokoh nasyarakat Tanjungraya, Kabupaten Agam, (Istimewa)

Lubukbasung, (ANTARA) - Pengiat wisata Ridwan Tulus mengagumi keindahan alam Kampung Buya Hamka di Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

"Ternyata Kampung Buya Hamka ini adalah "surga". Saya tidak menyangka, kampung Buya ini sungguh indah dan memiliki kekayaan alam dan kebudayaan yang beragam," katanya saat berkunjung dan menyambangi Komunitas Pemuda Generasi Hamka (KPGH) Kecamatan Tanjungraya di Lubukbasung, Sabtu

Tanjungraya memiliki Danau Maninjau, Kelok 44 dengan alam yang indah dan budayanya.

Semuanya itu dapat dimanfaatkan dengan baik dalam menarik wisatawan ke daerah itu.

Namun masyarakat dan pemuda di daerah itu belum memahami potensi alam dam budaya yang dimiliki.

"Potensi alam dan budaya sangat beragam dimiliki Tanjungraya dan tinggal menggemas dengan baik," katanya.

Pariwisata tidak berdampak buruk pada budaya dan generasi penerus. Malah sebaliknya, wisatawan itulah yang harus ikut aturan yang telah dibentuk masyarakat itu sendiri.

Namun tentu terlebih dulu, masyarakat harus menegakan aturannya tanpa pengecualian. Setelah itu, dengan mudah wisatawan yang datang semakin yakin dan nyaman mengikuti aturan itu sendiri.

"Dengan aturan yang dimiliki wisatawan merasa nyaman," katanya.

Sementara itu, Camat Tanjungraya, Andria Asmi berharap pertemuan ini dapat berlanjut dengan aksi pengembangan wisata, sesuai konsep Green Tourism Institut.

"Pelatihan dan pembinaan sangat kita butuhkan untuk pengelolaannya bersama Walinagari, Bamus, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Pemuda, beserta seluruh tokoh masyarakat," katanya.