Villa cukur Fulham 3-0

id aston villa,fulham,liga inggris,jack grealish,conor hourihane,tyrone mings

Villa cukur Fulham 3-0

Bek Aston Villa Tyrone Mings (kiri) meluncur menyontek bola memperdaya kiper Fulham Alphonse Areola untuk mencetak gol dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Inggris, Senin (28/9/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Mike Hewitt)

Jakarta (ANTARA) - Aston Villa mencukur tuan rumah Fulham 3-0 dalam laga pekan ketiga Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Hasil itu membuat Villa, yang musim lalu harus berjibaku hingga laga pemungkas untuk menghindari degradasi, mengawali musim 2020/21 dengan enam poin penuh dan melompat ke empat besar.

Sedangkan, Fulham yang berstatus tim promosi dan masih nirpoin dari tiga pertandingan, terjerembab di dasar klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Udinese datangkan kembali Pereyra dari Watford

Kendati hanya memiliki sekira 35 persen penguasaan bola sepanjang laga, Villa tampil klinis dan mencetak tiga gol dari lima percobaan tepat sasaran mereka.

Sedangkan tuan rumah yang melepaskan 16 percobaan tembakan dan tiga di antaranya menemui sasaran menutup laga dengan raihan nirgol.

Baru empat menit pertandingan berjalan Jack Grealish membuka keunggulan Villa setelah ia menerima umpan kiriman John McGinn sebelum memperdaya kiper Alphonse Areola.

Keunggulan itu lekas digandakan Villa pada menit ke-15 melalui assist kedua McGinn yang kali ini diselesaikan oleh Conor Hourihane dengan sontekan jarak dekat.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan Fulham lagi-lagi mengawali babak kedua dengan cara terburuk. Tiga menit setelah sepak lanjut Hourihane mengirim bola tendangan bebas jadi umpan silang yang tak mampu diantisipasi Areola dan disambut sontekan Tyrone Mings untuk membuat Villa unggul 3-0 atas tuan rumah.

Pada menit ke-58, Bobby Reid menyarangkan bola ke gawang Villa tetapi wasit Stuart Attwell menganulir gol tersebut karena menganggap Aleksandar Mitrovic terlebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Ezri Konsa dalam proses serangan.

Satu-satunya peluang bagus lain bagi Fulham lahir tepat di pengujung waktu normal pertandingan melalui tembakan Joe Bryan, tetapi bola bisa ditepis oleh kiper Emiliano Martinez sebelum dibenturkan ke mistar gawang.

Selanjutnya, kedua tim akan tampil di putaran keempat Piala Liga Inggris pada Kamis (1/10) ketika Fulham bertandang ke markas Brentford dan Villa menjamu Stoke City. Lantas tiga hari kemudian Fulham menyambangi kandang Wolverhampton dan Villa menantang Liverpool.

Baca juga: Liverpool bekuk Arsenal 3-1

Susunan pemain:

Fulham (3-4-3): Alphonse Areola; Denis Odoi, Michael Hector (Maxime Le Marchand), Tim Ream; Kenny Tete (Aboubakar Kamara), Andre-Frank Zambo Anguissa, Thomas Cairney, Joe Bryan; Bobby Reid (Neeskens Kebano), Aleksandar Mitrovic, Ivan Cavaleiro
Pelatih: Scott Parker

Aston Villa (4-3-3): Emiliano Martinez; Matty Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Matt Targett; John McGinn, Douglas Luiz (Marvelous Nakamba), Conor Hourihane (Jacob Ramsey); Trezeguet (Bertrand Traore), Ollie Watkins, Jack Grealish
Pelatih: Dean Smith

Baca juga: Klasemen Liga Inggris