BI dorong pemanfaatan QRIS guna tingkatkan pertumbuhan ekonomi

id bi lampung, umkm, qris, ekonomi lampung

BI dorong pemanfaatan QRIS guna tingkatkan pertumbuhan ekonomi

Kepala Kantor Perwakilan BI Lampung Budiharto Setyawan (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Provinsi Lampung mendorong pemanfaatan QRIS (Quick Response Indonesia Standard), sebagai salah satu upaya peningkatan efisiensi sistem pembayaran dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. 

"Selama pandemi COVID-19, penggunaan QRIS ditingkatkan untuk mendukung perdagangan ritel, kegiatan sosial keagamaan, serta kesehatan," kata Kepala Kantor Perwakilan  BI Lampung, Budiharto Setyawan,  di Bandarlampung,  Selasa. 

Ia menyebutkan, beberapa bentuk dukungan yang diberikan, antara lain penetapan MDR merchant mikro sebesar 0 persen hingga September 2020 dan 0 persen untuk sosial keagamaan, pendaftaran merchant secara online, sosialisasi secara virtual dan sosial media, sert aperluasan fitur QRIS tanpa tatap muka. 

KPw BI Provinsi Lampung, lanjutnya,  juga mendorong implementasi QRIS antara lain di pasar tradisional, rumah sakit, tempat wisata. 

Budi menjelaskan KPw BI Provinsi Lampung juga melakukan on boarding UMKM yang menghubungkan UMKM binaan dan mitra dengan sejumlah e-commerce. 

"Seluruh program yang dilakukan Bank Indonesia ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada program pemerintah yakni Gerakan Bangga Buatan Indonesia dimana UMKM binaan dilibatkan pada seluruh kegiatan ini," tambahnya.