Kompetisi Sobat Bumi Pertamina berhadiah total Rp900 Juta

id lomba pertamina,inovasi pertamina

Kompetisi Sobat Bumi Pertamina berhadiah total Rp900 Juta

Kompetisi Sobat Bumi Pertamina. ANTARA/HO-Pertamina

Balikpapan (ANTARA) - Pertamina menyediakan hadiah total hingga Rp900 juta bagi para pemenang Kompetisi Sobat Bumi (KSB).“Ini lomba inovasi atau penemuan, atau aplikasi, soal energi baru dan terbarukan (EBT),” kata Humas Pertamina Kalimantan, Roberth Dumatubun, Jumat.

Lomba ini bertujuan menggiatkan upaya-upaya mengembangkan ide, kreativitas, dan inovasi untuk memaksimalkan potensi energi di Indonesia. Apalagi bila ide, kreativitas, dan inovasi tersebut dapat diterapkan hingga ke daerah terpencil dan menjadi solusi pemenuhan kebutuhan energi di daerah itu.

Karena itu, ada dua kategori lomba, yaitu kategori Teori Sains, dan kategori Proyek Inovasi Energi Baru Terbarukan.

Kategori Teori Sains diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta dari semua program studi atau jurusan, dan dapat berasal dari universitas, institut, sekolah tinggi ataupun politeknik.

Kategori Proyek Inovasi Energi Baru Terbarukan diperuntukkan bagi peneliti, dosen, praktisi, penggiat energi, serta pengabdi masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap energi baru terbarukan.

“Jadi kami menanti inovasi kawan-kawan semua dari kampus-kampus se Kalimantan, negeri maupun swasta,” kata Dumatubun. Apalagi cara ikut lomba sangat dimudahkan, cukup dengan bergabung ke situs khusus untuk lomba, yaitu sobatbumi.id.

Mahasiswa bisa mendaftar KSB kategori Teori Sains mulai 3 Agustus hingga 30 Oktober 2020. Peserta yang masuk akan diseleksi dalam dua tahap yakni seleksi daerah dan seleksi nasional.

Seleksi daerah merupakan babak penyisihan yang dilakukan dengan metode Computer Based Test dan diselenggarakan secara online dengan jaringan internet yang baik di tempat peserta berada.

Selanjutnya seleksi nasional merupakan babak final yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi semi final dan grand final.

Sementara untuk kategori Proyek Inovasi EBT pendaftaran telah dibuka sejak 24 Juni lalu dan akan ditutup pada 31 Juli 2020. Peserta yang ingin mendaftar di kategori Proyek Inovasi EBT harus mengirimkan proposal abstrak seputar ide inovasi energinya.

“Nah, bagi yang masuk 25 terbaik akan diberikan dana untuk membuat video paparan ide inovasinya,” kata Dumatubun.

Dari 25 itu kemudian diseleksi menjadi 10 terbaik yang juga akan didanai untuk mengikuti PFSains Camp di Jakarta selama 3 hari hingga akhirnya dipilih 3 pemenang terbaik.

Pemenang kategori Proyek Inovasi EBT akan diumumkan pada 10 November, yang bertepatan pada Hari Pahlawan.

“Seluruh pemenang nantinya akan dihadirkan pada acara penganugerahan 10 Desember 2020, yang bertepatan dengan HUT Pertamina,” kata dia.