Bupati Pesisir Barat minta masyarakat patuhi protokol kesehatan

id Lampung, pesisir barat

Bupati Pesisir Barat minta masyarakat patuhi protokol kesehatan

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menghimbau dalam penanganan COVID-19 agar masyarakat tidak panik namun selalu waspada dan selalu menjaga kesehatan sesuai aturan protokol kesehatan guna memutuskan mata rantai penyebaran wabah COVID-19 ini. (Foto : Antaralampung/doc/Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengimbau dalam penanganan COVID-19 agar masyarakat tidak panik namun selalu waspada dan selalu menjaga kesehatan sesuai aturan protokol kesehatan guna memutuskan mata rantai penyebaran wabah COVID-19 ini.

"Jadi masyarakat jangan panik, selalu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah diperintahkan oleh pemerintah. Agar kita semua terhindar dari virus corona ini," kata Agus Istiqlal di Pesisir Barat, Jumat.

Menurutnya, untuk para tenaga medis, petugas keamanan untuk selalu siaga membantu menangani penyebaran COVID-19, dan mengimbau penegakan disiplin kepada masyarakat tentang kesehatan lingkungan khususnya di tempat-tempat keramaian.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko, menjelaskan tentang meningkatnya penyebaran COVID-19 ini karena ada warga yang baru tiba dari luar Pesisir Barat (pemudik) sebagai carrier, dimana yang bersangkutan kurang mematuhi prosedur untuk isolasi mandiri.

Terkait hal tersebut di atas, diharapkan agar seluruh elemen pemerintahan agar dapat bersama-sama menciptakan kesadaran masyarakat Pesisir Barat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Apabila ada warga yang secara prosedurnya diharuskan melaksanakan isolasi mandiri, maka pemerintah tingkat kecamatan dan pekon yang akan bertugas memantau dan mendata yang bersangkutan, hasil pemantauan dan pendataan tersebut kemudian diserahkan kepada dinas kesehatan," kata Tedi.

Ia menjelaskan, efektivitas kinerja gugus tugas tingkat kecamatan dan pekon memiliki peran penting untuk menciptakan kesadaran masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, terlebih dengan wacana penerapan program new normal yang tentu akan digulirkan bersamaan dengan aturan protokol kesehatan yang ketat untuk dipatuhi masyarakat.