iPhone SE, versi lain smartphone dengan harga terjangkau, diluncurkan di AS

id iphone se,apple iphone,iphone

iPhone SE, versi lain smartphone dengan harga terjangkau, diluncurkan di AS

iPhone SE generasi kedua yang diluncurkan 15 April 2020. (ANTARA/Apple)

iPhone SE pertama menjadi hit dengan banyak pelanggan yang menyukai kombinasi unik ukuran kecil, kinerja kelas atas dan harga terjangkau
Jakarta (ANTARA) - Apple, perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino California, Rabu waktu setempat (15/4) merilis iPhone SE, versi lain dari smartphone andalannya dengan harga terjangkau.

iPhone SE generasi kedua ini dibekali layar Retina HD 4,7 inci, dipasangkan dengan Touch ID untuk keamanan terkemuka di industri, dan berdesain ringkas.

iPhone SE baru ini ditenagai oleh A13 Bionic yang dirancang oleh Apple, chip tercepat dalam sebuah smartphone, untuk menangani tugas yang paling berat, menurut Apple dalam pernyataan resminya.



iPhone SE juga dilengkapi sistem kamera tunggal terbaik yang pernah ada dalam iPhone, yang membuka manfaat fotografi komputasional termasuk mode Portrait, dan dirancang untuk tahan terhadap elemen debu dan air.

iPhone SE hadir dalam tiga warna, yakni hitam, putih, dan merah, dan sudah bisa dipesan mulai Jumat (17/4) dengan harga mulai 399 dolar atau sekitar Rp6,2 juta.

“iPhone SE pertama menjadi hit dengan banyak pelanggan yang menyukai kombinasi unik ukuran kecil, kinerja kelas atas dan harga terjangkau," kata Phil Schiller, wakil presiden senior Apple untuk pemasaran global.

iPhone SE dibalut dengan cangkang aluminium aerospace-grade dan desain kaca yang tahan lama dengan bagian depan serba hitam.



Lapisan kaca belakang termasuk logo Apple terpusat dan dibuat menggunakan proses warna tujuh lapis untuk rona dan opacity yang tepat, menghasilkan kedalaman warna yang kaya dengan pita aluminium yang serasi.

Perangkat ini tahan air dan debu dengan predikat lolos uji IP67 untuk ketahanan air hingga 1 meter selama 30 menit.

Layar Retina HD 4,7 inci dengan True Tone menyesuaikan white balance agar sesuai dengan cahaya sekitar untuk pengalaman menonton yang lebih alami dan seperti kertas.

Tampilan gamut warna cerah lebar Retina HD menawarkan akurasi warna yang luar biasa, dan mendukung Dolby Vision dan pemutaran HDR10. iPhone SE menggunakan Haptic Touch untuk tindakan cepat--seperti menganimasi foto, mempratinjau pesan, mengatur ulang aplikasi, dan lainnya--serta menu kontekstual.



iPhone SE juga dilengkapi tombol Home yang sudah dikenal yang dirancang dengan kristal safir agar tahan lama dan untuk melindungi sensor, serta lingkaran baja untuk mendeteksi sidik jari pengguna untuk Touch ID.

Bersama-sama, A13 Bionic dan iOS 13 memungkinkan aplikasi cerdas baru yang memanfaatkan pembelajaran mesin dan Core ML.
Baca juga: Produksi iPhone tertunda dampak "lockdown" India, pabrik tutup sementara


Dibangun untuk efisiensi, A13 Bionic juga memungkinkan daya tahan baterai yang hebat untuk iPhone SE.

iPhone SE juga sudah mendukung pengisian daya nirkabel bersertifikat Qi dan juga mendukung pengisian cepat, memberi pelanggan hingga 50 persen daya hanya dalam 30 menit.

Kecepatan unduh kilat tersedia dengan Wi-Fi 6 dan LTE kelas Gigabit. Dual SIM dengan eSIM memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memiliki dua nomor telepon terpisah pada satu perangkat saat bepergian ke luar negeri atau untuk digunakan sebagai lini bisnis.

Ponsel ini dibekali sistem kamera tunggal terbaik yang pernah ada di iPhone dengan kamera 12 megapiksel f/1.8, dan menggunakan prosesor sinyal gambar dan Neural Engine A13 Bionic untuk membuka lebih banyak lagi manfaat fotografi komputasional, termasuk mode portrait, enam efek pencahayaan potret dan kontrol kedalaman.

Menggunakan pembelajaran mesin dalam estimasi kedalaman monokuler, iPhone SE juga mengambil gambar potret yang menakjubkan dengan kamera depan.

Smart HDR generasi terbaru hadir untuk iPhone SE, dengan cerdas menerangi subjek yang dikenali dalam bingkai untuk gambar yang tampak lebih alami dengan sorotan yang menakjubkan dan detail bayangan.
Baca juga: Produksi iPhone tertunda dampak "lockdown" India, pabrik tutup sementara


Kamera belakangnya mendukung pengambilan video berkualitas tinggi pada 4K hingga 60fps, dan jangkauan dinamis yang diperluas untuk detail sorotan lebih lanjut hingga 30fps.

Pengguna juga dapat memanfaatkan video QuickTake di kamera depan dan belakang, memungkinkan perekaman video tanpa beralih dari mode foto.

Dengan fitur Kamera dan Foto canggih di iOS 13, pengeditan asli bahkan lebih komprehensif dan intuitif melalui alat canggih yang pernah tersedia hanya untuk pengeditan foto.

iPhone SE akan tersedia dalam model 64GB, 128GB dan 256GB dalam warna hitam, putih dan merah dengan harga mulai 399 dolar.

iPhone SE tersedia untuk pre-order di apple.com dan aplikasi Apple Store mulai Jumat, 17 April 2020, dan akan tersedia di pengecer resmi Apple dan operator terpilih pada hari Jumat, 24 April, di AS serta lebih dari 40 negara dan wilayah lainnya.
Baca juga: Produksi iPhone di China tidak terganggu corona