Produksi iPhone tertunda dampak "lockdown" India, pabrik tutup sementara

id iphone,apple,lockdown india,bisnis ponsel

Produksi iPhone tertunda dampak "lockdown" India, pabrik tutup sementara

Ilustrasi iPhone XR. (REUTERS)

Foxconn yang memproduksi iPhone XR di India berhenti beroperasi hingga 14 April

Jakarta (ANTARA) - Dua produsen iPhone, Foxconn dan Wistron, menutup sementara pabriknya di India untuk mematuhi instruksi “lockdown” dari Pemerintah India sebagai upaya untuk isolasi diri dari pandemi COVID-19.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat, Foxconn yang memproduksi iPhone XR di India berhenti beroperasi hingga 14 April.

Sementara, Wistron yang memproduksi komponen-komponen utama iPhone di pabriknya di India, juga akan menutup sementara produksinya, meskipun tidak mengungkapkan produk mana yang akan terpengaruh dari langkah tersebut.
Baca juga: Produksi iPhone di China tidak terganggu corona

India memberlakukan karantina wilayah atau “lockdown” secara nasional selama 21 hari untuk memerangi pandemi COVID-19. Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan kebijakan tersebut pada Selasa (24/3).

Situasi pandemi Virus Corona membuat seluruh industri ponsel pintar (dan juga banyak industri lain termasuk perjalanan, perhotelan, restoran, dan industri hiburan) mengalami penurunan.

Penjualan ponsel secara global dilaporkan merosot 14 persen pada Februari akibat pandemik Virus Corona, baik di China maupun di berbagai negara lainnya.

Riset dari Counterpoint Research, dikutip dari Reuters, menilai penjualan ponsel diperkirakan akan turun lagi karena sebaran virus terus meluas ke berbagai tempat di dunia.


Situasi ini juga dikabarkan berimbas pada peluncuran ponsel Apple tahun ini, iPhone 12 dan iPhone 12 Pro, yang diperkirakan akan mundur hingga November, dari jadwal semula September.

 

https://m.gsmarena.com/indias_21day_lockdown_suspends_all_iphone_production_in_india-news-42247.php

==============================

21-day lockdown suspends all iPhone production in India

Amidst the COVID-19 situation, India’s government has called a nationwide lockdown of its 1.3 billion inhabitants in its efforts to isolate the virus. As Bloomberg reports, Apple’s production of iPhones has been suspended as a result. Foxconn and Wistron are two manufacturers of iPhones with plants in India which are complying with the shutdown.

Baca juga: China masih larang Foxconn beroperasi karena wabah corona

The Apple iPhone XR is produced in India

Foxconn has ceased operation until April 14, the company tells Bloomberg. Wistron, which manufactures key iPhone components in its India plant, also tells Bloomberg that its doors are closing for production, though it wouldn’t reveal which products would be affected.

 

The situation has the entire smartphone industry (as well as many other industries including travel, hospitality, restaurant, and entertainment industries) on the decline. We’re already seen plummeting shipment numbers in smartphone sales, reported for February and with the global economy experiencing a hard reboot, it will be a while before consumers will want to spend on non-essentials.