ITB tunda wisuda antisipasi pandemi COVID-19

id ITB, virus Corona, wisuda, pandemi, mendikbud,Tunda,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coron,pandemi corona

ITB tunda wisuda antisipasi pandemi COVID-19

Penyelenggaraan wisuda di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). (ANTARA/HO-Humas ITB)

Menghentikan segala bentuk kegiatan di lingkungan ITB yang melibatkan banyak orang termasuk penyelenggaraan wisuda April 2020
Bandung (ANTARA) - Institut Teknologi Bandung (ITB) memutuskan untuk menunda segala bentuk kegiatan di lingkungan kampus yang melibatkan banyak peserta dari luar kampus termasuk penyelenggaraan wisuda.

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah dalam surat edaran ITB, menjelaskan bahwa penundaan tersebut mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan virus Corona atau COVID-19 pada satuan pendidikan, dan Surat Sekjen Dikbud per 12 Maret 2020 tentang penundaan acara yang melibatkan banyak orang.

"Menghentikan segala bentuk kegiatan di lingkungan ITB yang melibatkan banyak orang termasuk penyelenggaraan wisuda April 2020," kata Rini dalam surat edaran ITB, Sabtu.
Baca juga: Ibu kota Filipina berlakukan jam malam, upaya atasi penyebaran Corona

Ia juga mengimbau kepada setiap dosen untuk mengoptimalkan berbagai bentuk metode pembelajaran jarak jauh. Salah satunya dengan menerapkan kuliah daring dalam rangka pencegahan COVID-19.

"Mengimbau kepada segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikan ITB untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan virus Corona yang telan menjadi pandemi," katanya.

Dia juga menjelaskan pihak ITB telah membentuk Satgas Mitigasi Penyebaran COVID-19 dengan tugas utama untuk memantau perkembangan pandemi tersebut.

Sehingga tim itu dapat memberikan rekomendasi bagi kebijakan yang akan ditempuh oleh ITB berkenaan dengan pencegahan penularan virus yang meluas.

"Keputusan ini dinyatakan berlaku sampai dengan tanggal 30 April 2020," katanya.
Baca juga: WHO: COVID-19 pandemi yang dapat dikendalikan

Ke depannya, kata dia, sikap dan kebijakan ITB akan diperbarui sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi virus Corona, baik skala lokal maupun global.