Virus corona berdampak pada penurunan pengiriman smartphone global

id Smartphone,virus corona

Virus corona berdampak pada penurunan pengiriman smartphone global

Ilustrasi penggunaan smartphone (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pengiriman smartphone secara global diprediksi menurun 2 persen dari yang diperkirakan tahun ini karena meluasnya wabah virus corona, yang diyakini bakal menghambat pasokan dan manufaktur.

Menurut lembaga riset pasar Strategy Analytics, sebagaimana dilaporkan Yonhap, Minggu, bahwa wabah virus corona akan memengaruhi ekonomi China dan global, yang pada gilirannya akan berdampak buruk pada pengiriman smartphone global karena ekonomi yang lambat dan belanja konsumen yang lemah.



Penyebaran virus tersebut juga akan berdampak pada pasokan dan manufaktur smartphone global di China, mengingat negara dengan ekonomi terbaik kedua di dunia itu memproduksi 70 persen dari seluruh ponsel pintar yang dijual di dunia.

Untuk China, pengiriman smartphone diprediksi 5 persen lebih rendah dari yang diperkirakan tahun ini karena wabah virus corona.

Strategy Analytics menambahkan penundaan operasional pabrik, baik karena karantina maupun pembatasan perjalanan bisnis, sementara waktu ini akan menyebabkan kurangnya pasokan tenaga kerja.