TNWC berikan beasiswa kepada warga sekitar hutan lindung

id TWNC,Pesisir Barat

TNWC berikan beasiswa kepada warga sekitar hutan lindung

Dokumen - Suasana belajar di SDN 2 Wayharu Kabupaten Pesisir Barat. ANTARA/Emir Fajar Saputra

Semuanya ditanggung oleh perusahaan, termasuk tempat tinggal, makan dan lainnya, katanya

Pesisir Barat,Lampung (ANTARA) - Pengelola Kawasan Pelestarian Alam Satwa Liar Tambling (TWNC) memberikan beasiswa pendidikan SMA dan perguruan tinggi kepada anak-anak yang tinggal di perkampungan di sekitar hutan lindung yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) itu.

"Senang sekali karena saya diberikan pendidikan gratis dari tingkat SMA sampai perguruan tingggi," kata Pina, salah satu penerima beasiswa TWNC, di Pesisir Barat, Lampung, Jumat.

Menurutnya, beasiswa diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan selanjutnya bekerja di perusahaan milik Yayasan Artha Graha Peduli.

"Saya sekolah tingkat SMA di Bandung, dan perguruan tinggi juga di Bandung. Senang sekali, apalagi diberikan gratis. Tetapi setelah lulus, kami harus kembali ke kampung halaman untuk bekerja di TWNC ini," katanya.

Pina menjelaskan, dengan adanya peluang seperti ini, berarti bisa memutus rantai pengangguran yang ada di desanya.

"Selain mengurangi pengangguran yang ada di kampung, sekaligus bisa mengubah nasib keluarga," katanya.

Dari angkatan pertama tahun 2015 terdapat 10 orang yang diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang SMA dan perguruan tinggi.

Sementara itu, manajemen TNWC, Hana Lilies mengatakan bahwa beasiswa diberikan kepada warga untuk melanjutkan pendidikan hingga SMA dan perguruan tinggi di Bandung Jawa Barat.

"Semuanya ditanggung oleh perusahaan, termasuk tempat tinggal, makan dan lainnya," katanya.

Namun, kata Hana, setelah menempuh pendidikan maka mereka akan dipulangkan ke daerahnya untuk bekerja sebagai karyawan Tambling.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar