Pesisir laut Lampung Timur mengandung potensi ikan kerapu melimpah

id Laut Timur Lampung Timur, Ikan kerapu, Lampung Timur

Pesisir laut Lampung Timur mengandung potensi ikan kerapu melimpah

Para pekerja sedang meriksa ikan keramba jenis kerapu cantik di Pulau Legundi, Kabupaten Pesawaran Lampung (( FOTO ANTARA Lampung/Hisar Sitanggang))

Kalau melihat lingkungan, ikan kerapu cenderung ada di tempat-tempat yang ada muara sungainya, Labuhan Maringgai ada muara sungainya, jelasnya
Lampung Timur (ANTARA) - Perairan laut Timur Kabupaten Lampung Timur mengandung potensi ikan kerapu yang melimpah, kata Akademisi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung, M Hadziq Qulubi, S.Pi.

"Nelayan di Labuhan Maringgai kususnya di Muara Way Penet,  beberapa kali menangkap anakan ikan kerapu atau menangkap bibitnya, itu mengindikasikan wilayah pesisir Lampung Timur kaya  ikan kerapu," kata Hadziq Qulubi dihubungi di Lampung Timur, Selasa (29/10).

Pengajar mata kuliah Pemberdayaan Sumberdaya Perikanan dan Teknik Hasil Perikanan pada Fakultas Sains Dan Teknologi UNU Lampung ini menjelaskan, ikan kerapu suka pada tempat yang pantainya terdapat muara sungai.

Baca juga: Tangkapan rajungan Lampung Timur merosot

Adapun pantai di wilayah Labuhan Maringgai, Lampung Timur  banyak muara sungainya seperti Muara Way Penet di Desa Margasari, Muara Way Boom di Desa Muara Gading Mas.

"Kalau melihat lingkungan, ikan kerapu cenderung ada di tempat-tempat yang ada muara sungainya,  Labuhan Maringgai ada muara sungainya," jelasnya.

Dia menyebutkan jenis kerapu yang paling banyak hidup adalah jenis kerapu macan.

Dia mengatakan, potensi kerapu di perairan timur Kabupaten Lampung Timur sejauh ini belum dikembangkan.

Baca juga: Pemprov Lampung akan bantu atasi persoalan nelayan rajungan

Menurut dia, potensi tersebut bisa dikembangkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat dengan melakukan budidaya dalam rangka meningkatkan ekonomi. 

"Dinas Perikanan bisa memetakan wilayah itu menjadi basis ikan kerapu dan nelayan yang menangkap bibit ikan kerapu diimbau membudidayakannya," jelasnya. 

Budidaya bisa dilakukan di tambak dan di laut dengan membuat keramba ikan.

Baca juga: Lampung bentuk Komite Pengelolaan Rajungan

Nelayan di Kecamatan Labuhan Maringgai Misno membenarkan, ikan kerapu banyak di daerahnya

"Iya benar, nelayan banyak yang mendapatkan ikan kerapu, jenisnya kerapu macan dan bebek, tapi yang paling banyak kerapu macan," ujarnya. 

Nelayan lainnya, Gito menyebutkan ikan kerapu di wilayahnya dijual Rp50 sampai Rp60 ribu per kilogram.