GoFood kuasai 75 persen pangsa pasar layanan pesan-antarmakanan

id go food, gojek, 75 persen pasar

GoFood kuasai 75 persen pangsa pasar layanan pesan-antarmakanan

GoFood Festival (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Berdasarkan penelitian sebanyak 84 persen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan, menganggap GoFood menawarkan layanan pesan-antarmakanan terbaik di Indonesia.


"Kami terus menjadi pemimpin pasar di layanan food-delivery dengan pangsa pasar 75 persen di Indonesia," kata Chief Food Officer Gojek Grup, Catherine Hindra Sutjahyo dalam keterangannya, Kamis.

Ia mengatakan GoFood sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Dengan GoFood, konsumen tidak perlu menghabiskan waktu mengantri di restoran karena ribuan pilihan menu ada dalam genggaman. 

Dia menambahkan pencapaian ini merupakan bukti nyata kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap inovasi teknologi dan inisiatif yang terus dihadirkan GoFood selama empat tahun terakhir sehingga perusahaan milik Aplikasi Karya Anak Bangsa itu telah berhasil menguasai pangsa pasar di industri layanan pesan antar makanan di Indonesia tersebut. 



Bahkan, layanan pesan antarmakanan yang masuk dalam ekosistem aplikasi yang terintegrasi dalam superapp Gojek, ini menurut riset Nielsen, jauh lebih baik bila dibandingkan dengan nilai rata-rata layanan industri sejenis di Tanak Air (39 persen).

Dalam riset berjudul "Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market" tersebut GoFood dianggap dianggap sebagai aplikasi yang paling user friendly.
 
"Penelitian kami terkait perilaku pengguna layanan pesan-antar makanan di Indonesia mengungkapkan banyak peluang yang belum tersentuh di Indonesia,” kata Executive Director of Consumer Insight Nielsen Singapura, Garick Kea dalam keterangannya, Kamis (19/9).


Riset Nielsen diketahui dilakukan di tujuh kota utama di Indonesia dengan menggunakan metode survei online dan melibatkan 1.000 pengguna yang terdiri dari perempuan dan laki-laki berusia 18-45 tahun yang menggunakan layanan pesan-antarmakanan dalam tiga bulan terakhir. 

Riset Nielsen melihat preferensi masyarakat Indonesia terhadap empat layanan pesan-antar makanan berbasis aplikasi terbesar di Indonesia.

Selain dianggap lebih user friendly, hasil riset juga menunjukkan 83 persen konsumen urban menilai GoFood memiliki pilihan menu beragam dan dengan jumlah merchant sangat beragam. 

Sementara 82 persen menilai mitra driver Gojek juga dinilai ramah, sopan dan informatif dan 82 persen konsumen urban menilai top-up untuk pembayaran melalui aplikasi dinilai lebih mudah dan sebanyak 70 persen menilai GoFood sebagai layanan pesan-antar makanan tercepat.

 "Kenyamanan konsumen merupakan faktor utama yang menggerakkan pertumbuhan bisnis ini. Dengan 95 persen masyarakat Indonesia memilih untuk membeli makanan siap santap, industri pesan antarmakanan mempunyai potensi pertumbuhan yang besar. Persepsi positif konsumen terhadap Gojek juga membuat Gojek berada di posisi yang menguntungkan," kata Garick Kea.

Hasil riset Nielsen menyatakan masih ada 42 persen konsumen urban di kota besar yang belum menggunakan layanan pesan-antar makanan dalam tiga bulan terakhir. Sementara, demografi konsumen layanan pesan-antar berbeda untuk waktu makan siang dan makan malam. 

Untuk makan siang di tempat kerja, konsumen didominasi oleh para pekerja berumur 26-35 tahun dengan posisi eksekutif/ manajerial (22 persen), serta pegawai swasta (44 persen). 

Untuk makan malam didominasi oleh pemesanan dari rumah, tanpa ada profil demografis yang menonjol.
Keberhasilan ini juga berbanding lurus dengan pertumbuhan GoFood di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Dalam enam bulan terakhir, tercatat jumlah transaksi anak perusahaan yang menjadi jembatan ekonomi Indonesia tersebut, telah meningkat dua kali lipat mencapai lebih dari 50 juta transaksi di seluruh Asia Tenggara setiap bulannya.

Co-Founder Parentalk.id, Nucha Bachri mengakui keberadaan GoFood sangat membantu dirinya. 

'Kesibukan sehari-hari di luar rumah menjadikan saya jarang ada kesempatan untuk masak di rumah, tapi GoFood pastinya selalu jadi penyelamat. Saya juga enggak takut untuk beli makanan dari luar untuk anak dan suami karena di GoFood sudah dimudahkan dengan filter pilihan menu makanan favorit kami," kata wanita yang mengaku pelanggan setiap GoFood tersebut.