Plt Dirut PLN meninjau PLTGU Muara Karang Rabu

id pln,sripeni inten,pltgu muara karang,listrik padam

Plt Dirut PLN meninjau PLTGU Muara Karang Rabu

Arsip-Plt Dirut PLN Sripeni Inten temui Komisi VII DPR secara tertutup, Selasa (6/8/2019). (ANTARA/Afut Syafril)

Jakarta (ANTARA) - Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani meninjau pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Muara Karang, Jakarta Utara, Rabu pagi.

Informasi tersebut disiarkan langsung melalui akun resmi Instagram milik PLN. Nampak, Sripeni mengenakan baju putih meminta penjelasan teknis mengenai sistem kerja PLTGU tersebut.

Berdasarkan penjelasan Sripeni sebelumnya, PLTGU Muara Karang bersifat peaker, dengan karakteristik pembangkit ini tidak membutuhkan waktu lama untuk memulai mesin bekerja setelah kondisi mati.

Berbeda dengan karakter PLTU Suralaya yang masih membutuhkan listrik tambahan untuk proses starting mesin hingga menghasilkan uap. PLTU sendiri diklaim membutuhkan waktu hingga lebih dari enam jam jika dihidupkan setelah kondisi mati atau cold start.

PT PLN (Persero) memastikan pada Selasa pagi seluruh sistem kelistrikan di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, sudah normal kembali setelah listrik padam sejak Minggu (4/8/2019) siang.

Hingga Selasa pagi, pembangkit yang sudah masuk ke sistem sebesar 12.378 MW dengan 23 gardu induk tegangan ekstra tinggi (GITET) telah beroperasi.

Siaran pers PLN di Jakarta, Selasa, menyebutkan pemulihan beban padam di wilayah DKI Jakarta telah kembali normal pada Senin (5/8/2019) pukul 17.50 WIB, Banten pukul 21.20 WIB dan Jawa Barat pukul 23.27 WIB.

Beban puncak listrik pada Selasa kemarin di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat sebesar 13.674 MW dengan daya mampu total 15.378 MW.

"Alhamdulillah, seluruh sistem sudah normal, dan kami akan terus menjaga kestabilan sistem ini," ungkap Plt Dirut PT PLN Sripeni Inten Cahyani.

Pembangkit-pembangkit yang sudah menyala pada Selasa pagi :
1. PLTU Suralaya 7 unit
2. Pembangkit Cilegon 1 unit
3. Pembangkit Muara Karang Blok 1 dan 2
4. PLTU Muara Karang 2 unit
5. Pembangkit Priok Blok 1-4
6. PLTU Lontar 3 unit
7. PLTP Salak
8. PLTA Saguling
9. PLTA Cirata
10. PLTU Labuan 1 unit,
11. PLTU Lestari Banten Energi
12. PLTP di Jawa Barat
13. Pembangkit Muara Tawar Blok 1-5
14. PLTU Cirebon Electric Power
15. PLTU Indramayu 2 unit



 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar