Menepis ego faktor penting saat menjadi orang tua tunggal

id Ririn Ekawati

Menepis ego faktor penting saat menjadi orang tua tunggal

Ririn Ekawati ketika ditemui di sela program Radiothlon selama 34 jam non-stop oleh salah satu stasiun radio di Jakarta, Kamis (5/7/2019). (ANTARA News/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Menjadi orang tua tunggal dalam membesarkan anak-anak bukan hal mudah. Namun tidak bagi pemain film Ririn Ekawati yang mengaku terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Ririn Ekawati membagikan pengalamannya dalam membesarkan anak. Menurut dia, menepis ego dan memprioritaskan waktu demi sang buah hati menjadi salah satu faktor penting.

"Jadi, aku dengan mantan suami memang selalu mengutamakan kepentingan anak dibandingkan ego kita pribadi," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Jadi, lanjut dia setiap ada kebutuhan atau kegiatan anak seperti di sekolah atau lainnya sebisa mungkin dapat hadir berdua. "Kita baik, demi anak tetep harus baik," ucapnya.

Selain itu, Ririn mengemukakan, sebagai orang tua tunggal juga harus bisa berposisi sebagai teman

"Anak-anak sekarang tuh pendekatanya beda dengan aku ketika masih kecil. Kita anggap saja seperti temen, temen curhat, ngobrol apa yang dia mau, dan apa yang dia hadapi. Jadi dia tidak sungkan untuk cerita apapun yang sedang dirasa," jelasnya.

Kemudian, Ririn juga mengatakan, pendidikan juga harus menjadi perhatian demi masa depan yang baik.

"Alhamdulillah, nilainya Jasmine (anaknya) bagus, semuanya A tidak ada nilai B," ujarnya.

Ia menambahkan dirinya selalu mantau perkembangan nilainya agar terjaga di level baik.

"Saya sebenarnya tidak pernah menuntut harus mendapatkan nilai bagus. Tapi kalau ada penurunan saya beritahu agar diperbaiki nilainya," lanjutnya.

Selain pendidikan formal, ia mengaku juga menyiapkan guru les mengingat dirinya tidak dapat setiap saat menemaninya belajar.

"Karena anak sekarang pelajarannya sudah beda juga sama ketika dulu aku sekolah. Daripada aku terlihat 'dong dong' di depan anakku, lebih baik aku siapkan guru les," katanya.