Bubble tea tak sehat?

id Bubble tea, gizi bubble tea,Provinsi Lampung, pertumbuhan ekonomi Lampung, tujuan wisata Lampung,peluang investasi Lampung, pertanian Lampung,peternak

Bubble tea tak sehat?

Bubble tea (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Bubble tea, minuman yang cukup populer di sebagian kalangan masyarakat, belakangan menjadi sorotan terutama mengenai kandungan gizinya. Lalu, apakah minuman ini tak menyehatkan tubuh?

Seperti dilansir laman Livestrong, bubble tea ternyata tak terlalu bergizi. Kendati memang, teh mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Bubble atau butiran mutiara dalam minuman terbuat dari tapioka. Lalu untuk menghasilkan rasa manis, seringkali kali gula dan terkadang susu kental manis ditambahkan.

Gula inilah yang membuat minuman ini tinggi kalori sehingga sulit masuk ke dalam diet sehat.

Biasanya satu porsi bubble tea mengandung 1/2 cangkir mutiara berbahan tapioka, 1/4 cangkir gula dan 1/8 cangkir susu kental manis. Kandungan ini menambahkan sekitar 453 kalori ke dalam diet Anda.

Sementara batas aman konsumsi gula tambahan menurut Asosiasi Jantung Amerika yaitu 6 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria per hari.

Sebenarnya, ada cara agar bubble tea bisa sedikit lebih menyehatkan. Caranya, coba ganti gula biasa dengan menggunakan 1 sendok makan brown sugar.

Lalu, tukar susu kental manis dengan susu rendah lemak serta santan. Dengan begitu, kalori bubble tea sekitar 150 per porsi.