Harga getah karet di Lampung turun

id harga karet turun, harga karet Mesuji turun,produksi karet Lampung,komoditas unggulan Lampung

Harga getah karet di Kabupaten Mesuji dalam sepekan terakhir turun dari Rp7.500/kg menjadi Rp6.500/kg (Antara Lampung/Hisar Sitanggang)

Mesuji, Lampung (ANTARA) - Harga getah karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, dalam satu pekan terakhir turun dari Rp7.500/kg menjadi Rp6.500/kg.
 
"Harga karet di Mesuji turun sejak minggu lalu," kata Sahrul, seorang petani karet di Kelurahan Pancajaya, Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Rabu.

Menurut dia, sebagian petani di Kabupaten Mesuji memilih tak menjual getah karetnya, dan baru menjualnya lagi setelah harganya naik.

Penurunan harga getah karet diduga ditentukan tengkulak dan pabrik karet di Lampung dan Sumsel.
   
"Para petani di sini masih bergantung kepada tengkulak, karena di daerah ini tidak ada pabrik karet meski hasil panen karet cukup banyak," katanya.

Yadi, petani karet lainnya, mengatakan bahwa penurunan harga getah karet disebabkan pihak pabrik di Provinsi Sumatera Selatan menurunkan harga pembelian karet petani.
 
Ia mengharapkan harga getah karet naik lagi, apalagi di kondisi musim kemarau akan menyebabkan produksi getah karet menurun volumenya, dan adar airnya turun.
 
Karet merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Mesuji, termasuk di Provinsi Lampung, mengingat sebagian besar masyarakat mengusahakan perkebunan karet.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar