Pasokan Ikan di Tempat Pelelangan Ikan Gudang Lelang Cenderung Turun

id pasokan ikan menurun,TPI Gudang Lelang

Beberapa jenis ikan yang sedang dilelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gudang Lelang Bandarlampung, Rabu (20/3) (Foto: Antaralampung.com/Dian H)

secara keseluruhan bila lagi ramai tangkapan nelayan di sini mampu mencapai 90 ton dalam satu bulan, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Pasokan ikan laut segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gudang Lelang Kota Bandarlampung cenderung menurun.

Kepala Koperasi Unit Daerah (KUD) Mina Jaya Unit Pelelangan Kota Bandarlampung, Junaidi, di Bandarlampung, Rabu, mengatakan pada bulan ini pasokan ikan mengalami penurun berkisar 20-30 persen dari bulan lalu.

"Secara keseluruhan bila lagi ramai tangkapan nelayan di sini mampu mencapai 90 ton dalam satu bulan," kata dia.

Menurutnya, menurunnya hasil tangkapan ikan segar dari para nelayan disebabkan oleh cuaca yang sedang tidak bagus di laut Lampung dalam beberapa minggu ini, sehingga saat ini tangkapan nelayan berkisar 60-70 ton dalam sebulan.

Junaidi mengatakan, setiap harinya ada tiga kapal nelayan bersandar di TPI tersebut untuk membongkar ikan dan melakukan proses pelelangan.
 
Kapal-kapal tersebut terdiri dari dua kapal cantrang yang membawa hasil tangkapan ikan 2-3 ton dan satu kapal rampus yang membawa hasil tangkapan ikan 3 ton per harinya.

"Di sini kami memberlakukan satu shif saja setiap harinya, jadi proses lelang dan bongkar para nelayan dilakukan pada sore hari," Kata dia.

Dia meyakini, meskipun pasokan ikan segar dari para nelayan setempat sedang mengalami penurunan, namun tangkapan yang ada saat ini dari mereka masih cukup dalam memenuhi kebutuhan ikan segar warga Bandarlampung.

"Dampak dari pasokan ikan yang menurun lebih kepada harga ikan sendiri di pasaran, sedangkan untuk kebutuhan masyarakat Bandarlampung khususnya saya rasa masih dapat terpenuhi," ujar dia.


 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar